Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

Mengenal Sejarah Museum Perumusan Naskah Proklamasi - GenPI.co
Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Foto: Hafid Arsyid/GenPI.co

GenPI.co – Bung Karno dan Bung Hatta melakukan persiapan perumusan naskah prolamasi di sebuah rumah bangunan Belanda tepat satu hari sebelum kemerdekaan.

Saat ini rumah tersebut tetap berdiri kokoh di kawasan jalan Imam Bonjol no 1, Jakarta Pusat. 

Bangunan 2 lantai bergaya Eropa (Art Deco) ini didirikan sekitar tahun 1920 oleh arsitek Belanda J.F.L Blankenberg.

BACA JUGA:  Airlangga: Proklamasi Ajarkan Kolaborasi, bukan Polarisasi, Merdeka!

Namun, ketika masa pemerintahan Jepang di Indonesia, gedung itu menjadi kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda, seorang Kepala Kantor Penghubung antara Angkatan Laut dengan Angkatan Darat Jepang.

“Ketika era Jepang, Laksamana Maeda hanya menempati gedung ini, jadi dia hanya menempati bukan rumahnya. Ditempati selama 3 tahun selama penjajahan jepang. Lalu saat masa penjajahan selesai, dia pulang ke Jepang,” ungkap Widyawati, edukator Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok) saat berbincang dengan GenPI.co.

1. Ruang 1 Pertemuan

BACA JUGA:  Teks Asli Proklamasi dan Bendera Pusaka Bersanding di Istana Merdeka

Masuk ke bagian lantai 1 museum, pengunjung akan diarahkan ke ruang pertama yang terletak di bagian sisi kri. Hawa sejuk langsung terasa kala memasuki ruangan ini. Arsitektur gaya artdeco juga kental pada setiap sudut berikut dengan furniture. 

Pada bagian muka sisi kiri, diletakkan meja dan kursi tamu tempat Maeda menerima Soekarno, Hatta, dan Ahmad Soebardjo, setibanya mereka dari Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945 pukul 22.00 WIB.

BACA JUGA:  HUT ke-77 RI, Anies Baswedan: Jutaan Nyawa Melayang untuk Merah Putih

“Gedung ini merupakan bangunan cagar budaya dimana kita harus mempertahankan keaslianya. Hanya saja kita tetap melakukan perawatan seperti pengecatan dan menjaganya agar tetap bersih dan lestari,” ujar Widyawati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.