Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

November 30, 2022

TRIBUNWOW.COM – Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat, pembelajaran harusnya ikut dikembangkan.

Pembelajaran yang biasanya konvesional harus mulai dirubah menjadi pembelajaran yang inovatif dan kreatif.

Sehingga peserta didik tertarik dan semangat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, satu di antaranya dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran.

Baca juga: Viral Momen Haru Perpisahan Mahasiswa KKN di Morowali Ditangisi Warga, Ini Cerita di Baliknya

Oleh karena itu Kuliah Kerja Nyata Tematik – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta Kelompok 03 dengan dosen pembimbing Santoso Budi N, SH, M.Hum, melaksanakan KKN di desa Gempolan, kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar.

KKN-T MBKM UNISRI 2022: Penerapan Media Interaktif PPT Berbasis Game Edukatif di SDN 01 Gempolan
Mahasiswi PGSD FKIP Universitas Slamet Riyadi Surakarta (Unisri), Andriani saat menerapkan media interaktif Power Point berbasis Game Edukatif di Kelas 3 SDN 01 Gempolan, Kerjo, Kabupaten Karanganyar (Rilis TribunWow.com)

KKN tersebut diikuti oleh Mahasiswi bernama Andriani dari Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan dosen pembimbing Santoso Budi N, SH, M.Hum.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk pengabdian masyarakat, melaksanakan program kerja di SDN 01 Gempolan, Kerjo, Karanganyar yaitu Penerapan media interaktif PPT berbasis game edukatif untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik SD N 01 Gempolan.

“Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas 3 SDN 01 Gempolan, Kerjo, Karanganyar bertempat di ruang kelas pada hari kamis, (4/8/2022),” kata Andriani selaku pelaksana program kegiatan.

Menurut seorang siswa, Fandi kegiatan KKN berlangsung sangat aktif dan semangat.

Baca juga: Dapat Nasihat dari Jokowi untuk Jangan Lupa Sekolah, Ini Reaksi Farel Prayoga

“Pembelajaran menggunakan game banyak gambar lebih menyenangkan dari pembelajaran biasanya, dan berharap pembelajaran seperti ini bisa diterapkan di sekolahnya,” tutur Fandi.

Tujuan dilakukan kegiatan ini agar peserta didik lebih semangat, aktif dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran disekolah.

Selain itu juga membuktikan bahwa game bisa dijadikan media pembelajaran yang menarik dan inovatif dengan mengunakan permainan teka-teki pada PPT dan menampilkan gambar-gambar yang menarik.

Andriani sebagai pelaksana program kegiatan berharap pembelajaran mengunakan media teknologi bisa diterapkan di Sekolah Dasar, sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif dalam pembelajaran.(TribunWow.com)


Artikel ini bersumber dari wow.tribunnews.com.