Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 8, 2023

rakyat62.id – Orang yang berbohong mungkin bisa menyamarkan kenyataan dengan kata-katanya. Namun pada dasarnya terdapat beberapa ciri kuat yang bisa menjadi indikasi bahwa seseorang sedang berbohong.

Kenali beberapa ciri-ciri orang berbohong di bawah ini.

1. Terlihat Menutup Diri

Dari posisi tubuhnya saat berkomunikasi, seseorang yang berbohong cenderung menutup diri. Membungkuk akan jadi hal utama yang paling mudah dilihat. Sikap defensif ini seperti mengindikasikan ada sesuatu yang tidak ingin diungkapkan, atau ia tengah berbohong.

2. Memberikan Jawaban Tidak Konsisten

Ketika ditanya, orang yang tengah berbohong cenderung memberikan jawaban yang tidak konsisten, berputar-putar, dan tidak bisa secara lugas menyampaikan jawabannya. Meski hal ini mengindikasikan ada upaya berbohong pastikan juga dengan mengamati pola kalimat yang diungkapkannya.

3. Tidak Mau Bertatap Mata

Mungkin ini salah satu ciri-ciri orang berbohong yang paling terlihat, yakni tidak mau beradu pandang. Orang yang tengah berbohong cenderung gugup dan tidak bisa menjaga kontak mata terlalu lama dengan lawan bicaranya, karena merasa tidak percaya diri dengan apa yang disampaikannya.

Jadi jika Anda berbicara dengan seseorang dan mereka sering membuang muka atau pandangan, bisa jadi apa yang disampaikannya adalah hal yang tidak benar.

4. Mengulur Waktu

Dalam menjawab pertanyaan yang diajukan, orang yang sedang berbohong memiliki kecenderungan untuk mengulang pertanyaan. Bukan untuk memperjelas maksud dari pertanyaan tersebut, namunu untuk mengulur waktu agar ia bisa menyusun argumen guna menutupi fakta.

5. Tubuh Berkeringat Tidak Wajar

Jika kondisi cuaca tengah panas, memang wajar seseorang menjadi berkeringat. Namun ketika diajak berbicara, dalam kondisi yang tidak panas, tidak selepas melakukan aktivitas fisik yang intens, atau hal lain yang dapat memicu keringat, dan orang ini berkeringat, bisa jadi ia berbohong.

Hal ini dipicu rasa gugup dan refleks tubuh atas stres yang mendadak muncul dan harus dihadapi.

6. Dalam Ceritanya Kurang Detail

Itu tadi, sedikit informasi mengenai ciri-ciri orang berbohong yang paling umum dan bisa dikenali dengan cukup mudah. Namun jelas, hal ini akan sulit diamati pada orang yang sudah sering berbohong, karena mereka menyadari hal tersebut dan bisa menekannya.