Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

rakyat62.id – Memiliki tubuh yang prima dan sehat adalah keinginan setiap orang.Dilansir Pikiran-Rakyat.com dari TribrataNews, olahraga menjadi salah satu aktivitas yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan berolahraga. Hal ini juga berlaku bagi pekerja kantoran, umumnya duduk hingga lebih dari delapan jam sehari.Bagi pekerja kantor , tidak perlu risau dan bingung untuk melakukan olahraga . Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan:

Baca Juga: Sering Bekerja di Atas Kasur? Simak Tips agar Tidak Pegal karena Duduk Seharian Saat WFH

2. Shoulder shrug

Apabila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, olahraga ini lebih familiar dengan istilah mengangkat bahu.Tujuan dari olahraga ini, untuk membantu mengurangi kekakuan pada bagian bahu dan pundak.Untuk melaksanakannya, dapat melakukan hal sederhana sebagai berikut:a. Duduk dengan punggung posisi tegak.b. Posisi kaki ditekuk secara rileks, selebar bahu.c. Angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga, dan ditahan selama 3-5 detik.d. Lalu pundak dikembalikan ke posisi normal.e. Gerakan diulangi sebanyak 8 hingga 10 kali.

Baca Juga: Gampang Pegal Selama WFH? Cek 5 Tips Hilangkan Sakit Punggung Selama Kerja dari Rumah

3. Push up

Olahraga selanjutnya yaitu push up. Tujuan dari olahraga ini untuk membantu melatih otot pada bagian lengan dan bahu.Cara pelaksanaan sudah familiar bagi sebagaian orang. Berikut cara pelaksanaannya:a. Gunakan meja yang kokoh dan tidak mudah digerakkan, lalu kedua telapak tangan menumpu pada meja.b. Pastikan agar tubuh dalam keadaan lurus dan siku membentuk sudut 90 derajat dengan meja.c. Dengan bertahan pada posisi ini, tekuk satu di antara lutut ke depan dan lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali bergantian lutut kanan dan kiri.d. Kemudian lanjutkan dengan gerakan push up sebanyak lima kali dan ulangi serangkaian latihan ini sebanyak 8-10 kali perulangan.Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, dengan melakukan olahraga secara rutin dapat untuk mengembalikan stamina tubuh. Untuk itu, alangkah baiknya apabila melakukan olahraga secara rutin. (Muhammad Akhsanul Akhlaq)***