Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

rakyat62.id – Tidak hanya minat masyarakat lokal yang tinggi, masyarakat luar negeri juga banyak yang datang ke Indonesia untuk berlibur. Vania mengatakan, angka ini juga mengalami kenaikan hingga 36 persen jika dibandingkan dengan 2019 lalu.

Terdapat enam negara yang memiliki minat tinggi untuk melakukan perjalanan ke Indonesia, di antaranya Australia, India, Amerika Serikat, Singapura, United Kingdom, dan Prancis.

Sementara untuk minat masyarakat untuk berlibur, sekarang didominasi ke desa wisata. Apalagi, masyarakat kebanyakan berlibur untuk healing atau membuat perasaannya lebih baik. Oleh sebab itu, menurut Vania biasanya masyarakat akan memilih tempat yang belum banyak diketahui orang.

Sejalan dengan data Google, Co-Founder & CMO Tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan, pihaknya menemukan kesamaan dari data yang ada. Dikatakan, terdapat lonjakan kenaikan masyarakat untuk wisata di tahun 2022.

Gaery menambahkan, masyarakat saat ini juga lebih menyukai untuk berlibur di lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggalnya (staycation). Tidak hanya itu, beberapa juga lebih menyukai wisata yang terdapat tantangan, olahraga, atau menyalurkan hobinya.

“Saya setuju sama data yang disampaikan Vania, itu sama yang kami alami, terutama di 2022. Kebanyakan masyarakat lebih ke staycation terus kerja sambil liburan juga. Atau lebih ke wisata hobi yaitu orang yang ingin melakukan hobinya sambil berlibur, bahkan yang kayak sport activity,” jelas Gaery.