Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

Gestur Jokowi di Sidang Tahunan MPR Dibongkar, Terlihat Marah? - GenPI.co
Gestur Jokowi di Sidang Tahunan MPR Dibongkar, Terlihat Marah? – Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI pada Sidang Tahunan MPR Bersama DPR dan DPD. ANTARA/Lukas – Biro Pers Sekretariat Pres

GenPI.co – Analis gestur dan mikroekspresi dari Asosiasi Psikologi Forensik (APSIFOR) Monica Kumalasari membongkar gestur Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, Jakarta, Selasa (16/8).

Monica mengatakan ada mikroekspresi kemarahan saat mengatakan “agenda-agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju”.

Awalnya, Presiden menyampaikan “Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak. Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun di sisi lain, agenda-agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia Maju”.

BACA JUGA:  5 Agenda Besar Presiden Jokowi, Masyarakat Patut Bahagia

Namun, Monica tak melihat emosi atau ekspresi, baik secara mikro maupun gestur, saat Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap kinerja lembaga-lembaga negara.

“Hal tersebut kongruen dengan isi pidato,” ungkap Monica, dilansir dari Antara, Senin (16/8).

BACA JUGA:  Pengamat Sindir Keras Pidato Kenegaraan Jokowi, Begini Kalimatnya

Selain itu, Monica juga mengomentari soal dua ajudan yang berdiri di belakang Jokowi.

Pada sidang tahun-tahun sebelumnya, para ajudan mengenakan seragam dari kesatuan. Namun, tahun ini, para ajudan mengenakan pakaian adat.

BACA JUGA:  Pidato Jokowi Menunjukkan Sikap Negarawan, Kata Ujang Komaruddin

Monica mengatakan hal itu merupakan usaha untuk menetralkan kondisi yang sedang tak kondusif terkait dengan kredibilitas Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.