Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

JAKARTA, celebrities.id – Umat Islam dianjurkan untuk membaca doa akhir dan awal Tahun Baru Islam saat pergantian tahun baru Hijriah.

Doa akhir dan awal Tahun Baru Islam merupakan amalan sunah yang dianjurkan Rasulullah SAW dan memiliki banyak keutamaan. Doa tersebut sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diampuni segala dosa di tahun lalu dan akan datang.

Doa akhir dan awal Tahun Baru Islam atau 1 Muharram dibaca agar mendapat limpahan rahmat, kesehatan, perlindungan dan kelapangan rezeki dari Allah SWT. Dalam doa-doa yang dibaca terdapat ungkapan syukur, pujian kepada Allah, serta permohonan ampun.

Berikut doa akhir dan awal Tahun Baru Islam 1444 Hijriah lengkap dengan bahasa Arab, latin, dan artinya yang telah dirangkum celebrities.id dari berbagai sumber, Sabtu (30/7/2022).

Doa Akhir Tahun Baru Islam

Doa akhir Tahun Baru Islam dibaca setelah salat Ashar hingga sebelum salat Maghrib menjelang tahun baru Islam. 

Berikut bacaan doa akhir Tahun Baru Islam.

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Latin: Allahumma ma’amiltu min’amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani’anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha’alayya bi fadhlika ba’da qudratika’ala uqubari, wa da’autani ilat taubati min ba’di jara’ati’ala ma’shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirlo wa ma’amiltu fiha mimma tardha, wa wa’attani’alaihits tsawaba, fa as’aluka an taqabbal minna wa la taqata’ raja’i minka ya karim.

Artinya: “Ya Allah, Aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara Aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu. Sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.