Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

November 30, 2022

Catatan Dahlan Iskan soal Ferdy Sambo dan Reformasi Polri: Bola Api - GenPI.co
Dahlan Iskan. Foto: Disway

GenPI.co – DPR telah kompak memuji Kapolri. Itu tecermin dari rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III DPR dengan Kapolri dan jajarannya. Tiga hari lalu.

Yakni untuk membahas penanganan peristiwa Duren Tiga Jakarta. Penanganan kasus pembunuhannya memang sudah menggelinding sampai ke kejaksaan. Tapi opini publik sudah berkembang jauh.

Jauh sekali. Sampai ke mafia perjudian, tambang batu bara ilegal, tambang nikel gelap, dan lembaga di luar struktur Polri. Bahkan sampai ke soal gaya hidup hedonis di lingkungan Polri.

BACA JUGA:  Catatan Dahlan Iskan soal Harga BBM Naik: BBM 303

Istilah ”saweran Sambo sampai di mana-mana” juga muncul di sekitar perkara ini –padahal Farel yang menyanyi di halaman istana saja tidak ada yang nyawer.

Istilah ”oknum” tidak laku lagi. Padahal biasanya kata oknum bisa jadi jalan keluar di banyak kasus yang menyangkut aparat. Kasus Ferdy Sambo ini tidak bisa lagi dibilang oknum.

BACA JUGA:  Catatan Dahlan Iskan soal Mantan Menteri BUMN: Pancasalah Laksamana

Rombongannya begitu masal. Yang diperiksa saja 93 personel. Belum lagi yang namanya disebut di skema-skema yang beredar di medsos.

Saya bisa membayangkan betapa sumpek suasana kebatinan Kapolri. Terlalu banyak yang harus ditindak. Terlalu banyak tekanan. Dari dalam. Dari luar. Dari bawah. Dari atas.

UU pemisahan Polri dari TNI telah membuat Polri langsung di bawah presiden. Presiden-presiden sebelum Pak Jokowi periode ke-2 mungkin senang-senang saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.