Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 2, 2022

rakyat62.id – Bagi beberapa orang, terkadang tidak mengetahui bagaimana cara meminta maaf kepada pasangannya. Hal tersebut membuat orang itu merasa bingung apa yang harus dilakukan jika pasangannya ngambek.

Tidak hanya itu, ketika pasangan memiliki masalah dan membuat suasana hatinya buruk, banyak orang juga bingung apa yang harus dilakukannya. Pasalnya, terkadang aksi yang dilakukan justru semakin memperkeruh keadaan.

1. Jangan bahas tentang diri sendiri

Usahakan ketika mencoba memperbaiki suasana hati pasangan, bahas semuanya tentang dirinya. Jangan katakan “Ketika kamu merasa sedih, aku merasa sedih”. Hal ini karena kalimat seperti itu tidak menggambarkan orang tersebut menginginkan pasangannya benar-benar bahagia.

Untuk itu, mendengarkan keluhan pasangan sudah cukup untuk membantu membuat perasaannya menjadi lebih baik.

2. Beri waktu

Terkadang suasana hati yang buruk hanya memerlukan waktu untuk menyembuhkannya. Untuk itu, ketika pasangan dalam suasana hati yang kurang baik, beri dia waktu untuk mengetahui perasaannya. Namun, penting juga untuk memberitahunya bahwa Anda akan selalu ada untuknya.

3. Alihkan perhatiannya

Rupanya, mengalihkan perhatian pasangan terkadang juga sangat membantu untuk membuatnya lupa dengan masalahnya. Mengajak padangan jalan-jalan dinilai efektif untuk mengalihkan pikiran mereka. Selagi aktivitas yang dilakukan bahagia akan membantu meningkatkan suasana hati pasangan.

4. Bersikap bijaksana

Ketika pasangan memiliki suasana hati yang buruk, penting untuk bersikap bijaksana dalam menyikapinya. Terapis pernikahan dan keluarga berlisensi, Heidi McBain, MA, mengatakan, penting untuk menunjukkan jika diri Anda ada untuknya. Hal tersebut sudah sangat membantu membuat suasana hati pasangan jauh lebih baik.

Bisa juga untuk mengajak pasangan berbincang atau menghabiskan waktu bersama. Hal ini akan membuat suasana hatinya menjadi lebih baik.

5. Kirimkan hal-hal baik

Ketika berada pada lingkungan atau orang-orang positif, hal ini biasanya akan membantu seseorang merasakannya juga. Untuk itu, seseorang bisa mencoba membawa berbagai hal positif untuk pasangannya yang memiliki suasana hati buruk. Meski hal ini tidak menjamin, tetapi setidaknya sudah melakukan yang terbaik untuk pasangan.

6. Pertahankan suasana hati diri sendiri

Untuk membuat suasana hati pasangan menjadi lebih baik, seseorang harus menjaga dirinya sendiri. Hal ini karena seseorang bisa saja terpengaruhi dengan suasana hati yang buruk dari pasangannya itu. Padahal kondisi tersebut nantinya hanya akan memperkeruh keadaan.

7. Pahami apa yang pasangan suka

Penting untuk memahami hal apa yang pasangan suka. Misalnya, ketika suasana hati pasangan sedang buruk, ada yang lebih suka untuk menyendiri. Dengan begitu, penting untuk memberinya ruang sejenak. Ada juga pasangan yang lebih suka dipeluk. Maka seseorang dapat memeluk pasangannya agar suasana hatinya menjadi lebih baik.