Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 2, 2022

rakyat62.id – Namanya Noella McMaher. Ia disebut-sebut sebagai model transgender termuda di dunia di usianya yang baru 10 tahun.

Siapa Noella dan bagaimana ceritanya sampai menjadi model transgender di usia yang sangat muda?

Menurut laporan New York Post, bocah asal Chicago, Amerika Serikat tersebut merupakan anak dari orangtua yang juga transgender. Ia lahir dari ibu yang kini mengidentifikasi dirinya sebagai non-biner.

Noella lahir sebagai laki-laki. Namun, menurut orang tuanya, bocah itu memilih menjadi perempuan karena keinginannya sendiri.

Noella tidak suka mengenakan pakaian anak laki-laki, bahkan saat masih balita. Orang tuanya akhirnya membawa Noella ke klinik gender, sampai akhirnya bocah tersebut memilih hidup sebagai seorang perempuan.

“Saat usia 2 tahun, dia bilang ke kami bahwa dia bukan laki-laki. Saat usia 4,5 tahun, dia bertransisi secara sosial dan saat usia 7 dia bertransisi secara hukum, ” kata orang tua Noella.

Nama Noella McMaher menjadi perhatian setelah memulai debutnya di New York Fashion Week pada Februari lalu. Ketika itu, Noella membawakan busana dari Trans Clothing Company yang memang fokus pada koleksi busana untuk transgender. Ia pun merupakan orang termuda yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

“Show pertama Noela adalah Chicago Fashion Week di usia tujuh tahun. Seorang remaja transgender memberi tahu dia tentang audisi terbuka, lalu dia menonton video di YouTube untuk persiapan. Dia dikontrak dua desainer di audisi pertamanya. Sejak itu, dia sudah tampil di dua Chicago Fashion Week dan beberapa acara yang lebih kecil,” papar orang tuanya.

Pada 2019, Gubernur Illinois J.B. Pritzker menandatangani perintah eksekutif yang bertujuan untuk mempromosikan hak-hak siswa LGBTQ di sekolah. Noella termasuk di antara siswa yang berpose di sampingnya, mengenakan rok tutu merah muda dan pita raksasa di rambut, dan T-shirtnya bertuliskan, “Inilah penampilan trans.”