Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 2, 2022

rakyat62.idPIKIRAN RAKYAT- Sudi tentang otak sepertinya tidak akan pernah ada habisnya, banyak pembelajaran baru dari hasil penelitian ilmuwan yang bisa kita pelajari.

Berdasarkan penelitian ada perbedaan usia otak para pria dan wanita .

“Dalam kelompok ini, kami telah melihat bahwa perempuan mengungguli laki-laki dalam beberapa ukuran, termasuk tes kognitif,” ujar dr. Wagen.

“Otak yang lebih muda memprediksi usia yang terlihat pada wanita mungkin mencerminkan hal ini, bersama secara umum perbedaan harapan hidup pada populasi Inggris dimana wanita hidup lebih lama daripada pria . Mekanisme yang mendasari ini memerlukan studi lebih lanjut, tetapi kesehatan kardiovaskular mungkin berkontribusi,” katanya lagi.

Para peneliti menyimpulkan bahwa temuan mereka akan memungkinkan eksplorasi lebih lanjut usia otak dan memprediksi penurunan di masa depan.

Adapun keterbatasan penelitian , dr. Wagen mencatat bahwa penelitiannya dilakukan terutama pada peserta kulit putih Inggris, dan dengan demikian mungkin tidak berlaku untuk demografi lainnya.

Dr. Baugh menunjukkan bahwa karena beberapa analisis statistik dilakukan, ada kemungkinan peningkatan hasil positif palsu atau temuan yang tidak ada.

Dia mencatat bahwa penelitian masa depan harus memeriksa hubungan dengan lebih banyak “pendekatan statistik konservatif.”

Dia menambahkan bahwa sekarang ada beberapa metode untuk menghitung usia otak selain yang digunakan dalam penelitian dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mana yang optimal.

CARA BARU UNTUK MENGUKUR USIA OTAK

“Akan penting bagi bidang ini untuk menghasilkan cara-cara standar yang divalidasi dengan baik untuk mengukur usia otak untuk memungkinkan perbandingan diseluruh studi penelitian , dan terutama penting jika hasil seperti ini pada akhirnya digunakan untuk memandu keputusan perawatan kesehatan. Skenario terakhir inilah yang menurut saya merupakan potensi yang sangat menarik untuk penelitian semacam ini,” kata dr. Lee A. Baugh.

Kiat untuk meminimalkan risiko kardiovaskular

Untuk membantu mencegah penuaan dini otak , para ahli merekomendasikan beberapa strategi untuk mengurangi faktor risiko kardiovaskular.

“Menjadi aktif secara fisik, mengelola kondisi medis yang ada, makan sehat, belajar bagaimana mengelola stres secara efektif, tetap terlibat dalam jejaring sosial dan aktivitas [sangat penting],” kata dr. Baugh.

Ini semua adalah hal yang kita tahu dapat berdampak besar pada kesehatan jantung dan otak , pada dasarnya menjaga seluruh tubuh ‘muda’ mungkin, tambah dr. Baugh.***