Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

rakyat62.idApa itu bakuchiol?

Bakuchiol adalah skincare yang berasal dari daun dan biji tumbuhan Psoralea corylifolia atau babchi. Skincare satu ini efektif untuk menggantikan peran retinol pada kulit wajah yang mungkin mengakibatkan iritasi bagi pemilik kulit sensitif.

Manfaat bakuchiol

Kandungan antioksidan dan antimikroba yang tinggi pada bakuchiol membuat bahan satu ini mampu mencegah penuaan dini, seperti menyamarkan garis halus, kerutan, dan warna kulit tidak merata. Dilansir dari laman byrdie, berikut manfaat bakuchiol:

1. Meratakan warna kulit

Bakuchiol mampu meresap hingga ke lapisan terdalam di kulit. Hal ini membantu mengurangi munculnya bintik hitam atau area hiperpigmentasi yang membuat warna kulit Anda berbeda.

2. Mengurangi garis-garis halus

Sama halnya dengan retinol, bakuchiol dapat merangsang sel kulit untuk beregenerasi dan menghasilkan kolagen sehingga tampilan garis halus dapat tersamarkan.

3. Mempercepat regenerasi sel kulit

Bakuchiol dapat mengirimkan sinyal ke sel Anda bahwa sudah waktunya untuk meningkatkan produksi kolagen dan pergantian sel.

4. Cocok untuk semua jenis kulit

Meski memiliki manfaat yang sama dengan retinol, bakuchiol tidak akan membuat kulit kering, bahkan sampai iritasi. Bakuchiol juga tidak akan membuat kulit lebih sensitif pada sinar matahari.

5. Menenangkan kulit

Dengan manfaat utama untuk mendorong pergantian sel dan regenerasi sel yang sehat, bakuchiol akan menenangkan kulit iritasi dengan menyembuhkannya dari dalam.

Cara memilih bakuchiol

Produk bakuchiol biasa dijual dalam bentuk serum atau lotion. Melansir dari laman paulas choice, jika Anda menggunakan bakuchiol bentuk serum, gunakan sebelum mengoleskan pelembap. Namun jika Anda memiliki pelembap dengan kandungan bakuchiol, aplikasikan setelah serum.

Karena tidak terlalu keras seperti retinol, Anda bisa menggunakan bakuchiol di pagi dan malam hari. Jika menggunakannya di pagi hari, jangan lupa tetap aplikasikan sunscreen.

Jika Anda tertarik menggunakan bakuchiol, pilihlah yang memiliki kadar 0,5-2%. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa angka ini sudah ideal untuk melihat manfaat yang ada.

Demikian informasi mengenai apa itu bakuchiol dan manfaatnya untuk perawatan kulit wajah. Jika selama ini retinol bekerja terlalu keras untuk wajah Anda, ini mungkin saatnya menggantinya dengan bakuchiol.