Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

September 28, 2022

rakyat62.idJakarta, CNBC Indonesia – Penyusutan otak terdengar sangat menakutkan, tetapi sebenarnya itu adalah bagian normal dari penuaan. Namun, faktor-faktor tertentu terkait dengan penurunan volume otak yang lebih cepat bisa dialami anak muda.

Otak Anda bisa menyusut lebih cepat dari biasanya, yang dapat mempengaruhi kapasitas mental Anda.

Lalu, apa yang menyebabkan generasi muda mengalami penyusutan otak dini?

Sejumlah ahli kesehatan menggunakan istilah “atrofi otak” ketika seseorang mengalami penyusutan otak yang lebih cepat dibanding usianya. Dalam kondisi ini, kerusakan otak terjadi lebih cepat daripada proses penuaan biasa akibat sejumlah faktor seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kelebihan berat badan atau merokok.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menjalani gaya hidup sehat di usia 20-an dapat melindungi otak Anda dari penyusutan bertahun-tahun ke depan. Studi ini juga menemukan bukti lebih lanjut bahwa menjaga kesehatan Anda dapat menjaga pikiran Anda tetap utuh.

Penelitian itu mengungkapkan bahwa orang dengan faktor risiko penyakit jantung memiliki lebih banyak deposit amiloid di otak, yang berhubungan dengan penyakit Alzheimer.

Berikut adalah cara agar terhindari dari penyusutan otak dini, seperti dikutip dari Cleveland Clinic:

Beberapa tingkat perubahan volume otak diharapkan dengan penuaan normal. Tetapi mengadopsi kebiasaan sehat dapat mengurangi beberapa faktor risiko yang menyebabkan penyusutan otak dan membantu Anda meningkatkan kehidupan sehari-hari: