Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 29, 2023

JAKARTA, celebrities.id – Doa keluarga bahagia dunia akhirat merupakan salah satu doa yang kerap dicari bagi umat Muslim. Terlebih, doa ini juga menjadi simbol harapan untuk setiap orang agar keluarganya bisa bahagia, baik di dunia atau di akhirat kelak.

Seperti diketahui, doa merupakan salah satu cara bagi umat muslim untuk memanjatkan segala keinginannya. Doa pun beragam dan biasanya dilakukan di waktu saat beribadah atau pun lagi senggang. 

Tujuannya berdoa pun tergantung konteks masing-masing orang, dari terlindungi dari segala macam bahaya, diberikan kesehatan, serta doa keluarga bahagia dunia akhirat.

Lantas, apa saja doa keluarga bahagia dunia akhirat? Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/8/2022) berikut ini ulasannya.

Doa keluarga bahagia dunia akhirat 

1. Doa keluarga dilancarkan dalam rezeki dan diberikan kemudahan

اللَّهُمَّ رَبَّنَآ أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ السَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنْكَ   ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِينَ

Artinya: Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami ataupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki. (QS. Al-Ma’idah: 114)

2. Doa agar keluarga setia menjalankan ibadah kepada Allah SWT

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء

Artinya: Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.

3. Doa diberikan kasih sayang yang lancar

 وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّى وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِىٓ

Artinya: Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku. (QS. Ta-Ha: 39)

4. Doa keluarga diberikan aman dunia akhirat

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْأَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: Dan di antara mereka ada yang berdoa, Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka. (QS. Al-Baqarah: 201)

5. Doa diberikan kebahagiaan 

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari azab api neraka.” (QS. Al-Baqarah ayat 201)

6. Doa memohon ampun kepada orangtua dan diri sendiri

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Artinya: Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.

7. Doa diberikan ketenangan dalam berkeluarga
 
 رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوٰجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS. Al-Furqan: 74)

Editor : Endang Oktaviyanti


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.