Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

rakyat62.id – Penyakit Crohn dan kolitis ulseratif merupakan dua jenis utama penyakit radang usus ( IBD ). Kondisi ini menyebabkan peradangan pada sistem pencernaan seumur hidup.

Kolitis ulseratif memengaruhi usus besar, sedangkan penyakit Crohn dapat memengaruhi setiap bagian dari sistem pencernaan mulai mulut sampai ke anus.

Meskipun tidak bisa disembuhkan, kondisi ini bisa dikendalikan. Bagi banyak orang, IBD dapat dikelola dengan obat-obatan. Namun, pada beberapa kasus yang parah bisa sampai dilakukan tindakan pembedahan.

Jika mengalami kekambuhan pada IBD , penting untuk menjaga diri sendiri dan memiliki orang-orang yang mendukung. Meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah hal yang paling penting.

Berikut adalah 6 hal yang dapat dilakukan jika sedang mengalami kekambuhan ( flare ) pada radang usus .

1. Bicara dengan Orang yang Dipercaya tentang Apa yang DialamiJika Anda merasa sendiri ketika flare , bicaralah dengan orang yang dicintai tentang apa yang dialami.

Berbicara dengan orang-orang terdekat bisa membuat merasa lebih baik dan membuat mereka paham.

Dengan itu, bisa saja mereka akan menawarkan bantuan dan dukungan dengan cara yang tepat.

2. Pergi ke Dokter yang Menangani AndaAnda harus segera pergi ke dokter jika mengalami flare yang parah. Segera kunjungi Unit Gawat Darurat jika mengalami pendarahan dubur, kram perut parah, diare kronis, dan demam.

3. Istirahat dari BekerjaKetika flare , tubuh membutuhkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri. Ketika periksa ke dokter , mintalah surat sakit agar bisa izin tidak bekerja untuk sementara waktu.

4. Hilangkan StresStres dapat berdampak negatif pada usus. Penting untuk terbebas dari stres ketika sedang mengalami flare .

Singkirkan hal-hal yang bisa menyebabkan stres. Misalnya, media sosial, acara TV, atau teman yang tidak mengerti. Dengan menghentikan hal tersebut, tubuh Anda akan merasa lebih baik.

5. Kelilingi Diri dengan Hal-Hal yang Membuat Anda Merasa Lebih BaikDapatkan kenyamanan. Anggap saja flare yang dialami merupakan sakit flu. Pakai baju yang membuat nyaman, sebotol air panas untuk perut, teh peppermint untuk perut kembung dan pereda nyeri.

Mandi untuk menyegarkan badan kemudian menonton acara TV favorit. Jauhi gawai untuk fokus pada pemulihan. Ingat, kenyamanan adalah kunci pemulihan.

6. Pastikan untuk Merawat DiriSetiap orang dengan IBD memiliki kondisi yang berbeda. Pada beberapa orang, tubuh bisa menerima sayur dan buah, sementara yang lain tidak bisa menerima sama sekali.

Anda harus memastikan dapat asupan gizi yang baik, jangan kelaparan, dan jangan dehidrasi.

Demikian penjelasan dari 6 hal yang dapat dilakukan jika sedang mengalami flare pada radang usus .***