Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 2, 2022

3 Penyebab Utama HIV yang Wajib Diwaspadai, Selain Bermain Kotor - GenPI.co
Ilustrasi pasien HIV. Foto: Pixabay/Anemone123

GenPI.co – Meningkatnya kasus HIV di Kota Bandung tentu menjadi refleksi bagi kita semua akan pentingnya menjaga pergaulan dan peduli terhadap kesehatan reproduksi.

Berdasarkan data dari UNAIDS, penderita HIV dan AIDS lebih banyak diderita oleh kaum wanita, yakni sebanyak 18,2 juta penderita. Sementara laki-laki sebanyak 16,9 juta penderita.

Penyebab paling sering HIV adalah seringnya gonta-ganti pasangan. Namun, selain itu ada 3 faktor lain penyebab seseorang bisa terserang virus HIV. Simak yuk 3 ulasannya dilansir dari Healthline.

1. Berbagi Jarum Suntik

BACA JUGA:  Kasus HIV Kota Bandung Meningkat, Ketahui 7 Obat Kendalikan Virus

Penggunaan jarum suntik secara bergantian dengan pengidap HIV, merupakan salah satu cara untuk menularkan virus ini. Contohnya, menggunakan jarum suntik saat menggunakan Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA).

Enggak cuma itu, orang yang menyuntikan obat, steroid, atau hormon juga dapat terinfeksi HIV bila menggunakan jarum suntik secara bergantian.

BACA JUGA:  Zoya Amirin Jamin, ODHA Juga Bisa Bahagia

Kok bisa? Kata ahli, hal ini disebabkan ada darah yang masih menempel pada jarum suntik dari pengguna sebelumnya yang terinfeksi HIV.

2. Transfusi Darah

Ingat, darah merupakan media penularan virus HIV. Oleh sebab itu, virus ini bisa menular ketika seseorang menerima donor dari pengidap HIV.

3. Alat Tato

BACA JUGA:  Ini Virus yang Lagi Bikin Bill Gates Panas Dingin

Aktivitas ini bisa membahayakan kesehatan bila tak hati-hati melakukannya. Sebaiknya pilihlah dengan cermat tempat tato yang berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.