Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

JAKARTA, celebrities.id – Jajanan legendaris Indonesia ada banyak macamnya. Dengan cita rasa yang manis dan gurih. Jajanan pasar umumnya dilahap saat pagi hari bersama teh atau pun kopi.

Seiring berkembangnya zaman, jajanan legendaris Indonesia sudah jarang ditemukan. Kendati begitu, ada beberapa jajanan yang hingga kini masih eksis.

Berikut 10 Jajanan legendaris Indonesia yang tak lekang oleh waktu dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (16/7/2022):

Jajanan Legendaris Indonesia

1. Kue Serabi

Kue serabi sering disebut mirip dengan pancake yang berasal dari Belanda. Jika pancake menggunakan tepung dan telur, adonan serabi dibuat dengan menggunakan tepung terigu, tepung beras, dan santan kelapa.

Meski zaman sudah modern, cara memasak serabi tidak pernah berubah. Serabi dimasak dengan menggunakan tungku dan wadah yang terbuat dari tanah liat. Para penjual serabi juga masih menggunakan bara api dari kayu yang dibakar untuk memasak.

2. Kue Cucur

Cucur merupakan jajanan khas suku Betawi yang berasal dari wilayah barat pulau Jawa. Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula jawa atau gula aren yang digoreng. 

Kue cucur memiliki bentuk yang cenderung tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di bagian pinggirannya. Dalam leluhur suku Betawi, jajanan ini termasuk salah satu makanan adat yang kerap dihidangkan dalam upacara-upacara adat budaya Betawi.

3. Kue Apem

Salah satu yang paling populer dan akrab dengan lidah masyarakat lokal Indonesia adalah keberadaan kue tradisonal bernama kue apem.

Tidak seperti kudapan lainnya, kue apem merupakan makanan yang cukup spesial karena biasanya orang-orang akan membuatnya pada perayaan hari-hari besar. Termasuk salah satunya adalah saat bulan Ramadhan.

Cara membuat kue ini sangat mudah dipraktekan karena hanya berbahan dasar tepung beras dan ditambah beberapa bumbu dan dikukus.

4. Kue Putu

Kue putu atau puthu merupakan salah satu kue jajanan khas Indonesia. Bahan dasar kue putu adalah tepung beras yang berbentuk butiran kasar, cocok dikonsumsi pada pagi hari menjadi santapan sarapan yang praktis.

Kebanyakan warna kue putu yang sering ditemui berwarna hijau, berasal dari daun suji. Ditambah dengan warna putih dari parutan kelapa, membuat kue ini terlihat menarik.

Biasanya kue ini dijual saat sore hari menjelang malam, dijajakan dengan gerobak atau dipanggul. Penjual putu memiliki keunikan sendiri, yaitu suara dari cerobong asap kecil kemudian berbunyi nyaring.

5. Onde-Onde

Onde-onde adalah jenis kue jajanan pasar yang terkenal di Indonesia. Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi atau dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi bubuk kacang hijau.

 


Artikel ini bersumber dari www.celebrities.id.