Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

Surabaya: Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan ibu-ibu rumah tangga semakin bahagia karena harga barang kebutuhan pokok (bapok) terus menurun. Harga bapok yang terjaga maka inflasi akan tetap terkendali.
 
“Kita syukuri mudah-mudahan harga bapok rendah dan stabil terus sehingga inflasi terjaga. Kalau harga-harga turun maka ibu-ibu yang dagang dan ibu rumah tangga senang dan bahagia,” ujar Zulhas usai inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Grosir Keputran Surabaya, pada Sabtu malam, 30 Juli 2022.
 
Zulhas mengaku sengaja datang ke Pasar Keputran untuk mengecek langsung harga bapok. Dia mengaku terkejut harga bapok turun jauh dari sebelumnya.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sengaja saya tidak ke pasar pagi, tapi yang malam karena komoditas di pasar ini untuk dijual lagi. Saya terkejut, harga bawang merah mulai Rp25.000-28.000/kg. Artinya, pengecer bisa jual Rp35.000-40.000/kg. Harga ini sudah jauh menurun dari harga sebelumnya,” kata Mendag.
 
Zulhas menyebut komoditas hortikultura lain di Pasar Keputran terus menurun. Pedagang diyakini bisa mendapat keuntungan yang sepadan.
 
“Segala jenis cabai, harga rata-rata sudah Rp55.000/kg. Jadi pengecer bisa jual diharga Rp60.000-65.000/kg. Jauh lebih murah. Sementara harga bawang putih dan beras stabil. Sedangkan harga sayuran cenderung turun,” kata Mendag.
 

Mendag memastikan pihaknya akan terus memantau guna menjaga ketersediaan pasokan dan harga bapok di seluruh Indonesia. Pada hari yang sama, Zulhas sebelumnya meninjau harga dan pasokan bapok di Pasar Kasih Naikoten di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
“Saya keliling terus. Tadi pagi saya ke Pasar Kasih Naikoten, Kupang. Harga daging sapi di sana termurah se-Indonesia, Rp110.000/kg,” tegas Zulhas.
 
Pasar Keputran merupakan pasar grosir, khususnya untuk produk hortikultura seperti bawang, cabai, dan sayuran. Geliat pada pasar ini mulai memuncak pada sore hingga dini hari.
 
Berdasarkan pantauan, harga cabai rawit tercatat Rp55.000/kg, cabai keriting Rp60.000/kg, cabai besar Rp60.000/kg, bawang merah probolinggo ukuran kecil Rp25.000/kg, bawang merah super Rp30.000/kg, bawang putih honan Rp19.000/kg, serta bawang putih kating Rp24.000/kg.
 
Hadir dalam sidak ini Gubernur Jawa Timur Kofifah Indah Parawangsa. Selain itu, Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, serta Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono turut mendampingi sidak di pasar tersebut.
 

(JMS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.