Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

Jakarta: Tanggal 30 Juli diperingati sebagai Hari Anti Perdagangan Manusia Sedunia. Perdagangan Manusia adalah perekrutan, pengangkutan, pemindahan, penyembunyian atau penerimaan orang dengan paksa, penipuan atau pengelabuan, dengan tujuan untuk memanfaatkan mereka demi keuntungan bisnis.
 
Peringatan Hari Anti Perdagangan Manusia Sedunia itu menjadi salah satu berita terpopuler di kanal internasional Medcom.id pada Minggu, 31 Juli 2022.
 
Dua berita terpopuler lainnya adalah perubahan iklim di Inggris dan seputar pemberian hadiah istimewa dari para duta besar untuk Sultan Brunei Darussalam.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut selengkapnya:

Inggris Serukan Penggunaan Teknologi untuk Melawan Perdagangan Manusia

Tema Hari Anti Perdagangan Manusia Sedunia tahun ini, yaitu “Penggunaan dan Penyalahgunaan Teknologi,” menyoroti bahwa teknologi telah secara signifikan memperburuk eksploitasi dan perdagangan manusia.
 
Penyalahgunaan teknologi merupakan inti dari model bisnis eksploitasi, dari pedagang yang menggunakan teknologi untuk mengiklankan perempuan dan anak perempuan di platform layanan dewasa, hingga penyelundupan manusia yang mungkin menggunakan teknologi untuk merekrut korban dan mengatur migrasi ilegal.
 
Berdasarkan keterangan tertulis Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, tantangan terkait hal ini adalah memanfaatkan teknologi sebagai bagian dari solusi. Teknologi memberikan kesempatan untuk menanggapi kebutuhan para korban dan penyintas, untuk meningkatkan proses penuntutan dan untuk membantu penyelidikan, untuk meningkatkan kesadaran dan menurunkan risiko perdagangan manusia.
 
Apa lagi yang disampaikan Kedubes Inggris mengenai hal ini? Cek selengkapnya di sini.

Studi: Perubahan Iklim Buat Inggris 10 Kali Lebih Rentan terhadap Gelombang Panas

Perubahan iklim yang diakibatkan ulah manusia menjadikan gelombang panas di Inggris sepanjang bulan Juli ini 10 kali lipat lebih mungkin terjadi dibanding masa normal. Pernyataan tersebut berasal dari sebuah studi terbaru tim ilmuwan internasional yang mempelajari perubahan iklim.
 
Dalam gelombang panas tahun ini, bagian timur Inggris mencatat suhu tertinggi sepanjang masa, yaitu 40,3 derajat Celcius. Kondisi tersebut kemudian memicu kebakaran yang telah menghancurkan puluhan rumah di London.
 
Secara keseluruhan, setidaknya 34 lokasi di Inggris mencatat suhu tertinggi pada 20 Juli. Hal itu terjadi di saat gelombang panas di Eropa barat mencapai puncaknya.
 
Mengapa gelombang panas separah ini bisa terjadi di Inggris? Cek selengkapnya di sini.

Sultan Brunei Terima Hadiah Pintu Ukir Jawa Klasik ‘Gebyok’

Pintu kayu berukiran tradisional Jawa klasik yang dikenal sebagai “Gebyok” terpilih sebagai hadiah khusus seluruh duta besar asing di Brunei Darussalam kepada Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam.
 
Persembahan hadiah diberikan dalam Resepsi Kepala Perwakilan Asing di Brunei Darussalam pada 27 Juli 2022 di Tarindak d’Polo, Bandar Seri Begawan. Hadiah diberikan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Sultan Haji Hassanal Bolkiah. 
 
Apa pernyataan Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam, Dr Sujatmiko, atas pemberian hadiah ini? Cel selengkapnya di sini.
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.