Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 1, 2022

SURYA.CO.ID, JEMBER – Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Jember mendapatkan nakhoda baru untuk memimpin organisasi kemanusiaan itu pada periode 2022 – 2027, melalui proses yang tak terduga. Itu setelah ketua sebelumnya, EA Zaenal Marzuki mendadak mencabut pencalonannya sendiri, sehingga membuka jalan untuk M Thamrin menjadi ketua baru PMI Jember.

Dengan mundurnya Zaenal, maka Thamrin yang merupakan pensiunan PNS Pemkab Jember secara aklamasi menjadi ketua baru dalam Muskab di Aula Markas PMI Jember, Senin (29/8/2022). Sebelum pemilihan, kepengurusan Zaenal menyampaikan laporan pertanggungjawabannya di Muskab tersebut.

Bupati Jember, Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati Jember, M Balya Firjaun Barlaman, serta sejumlah pejabat OPD Pemkab Jember hadir di Muskab tersebut.

Bupati Hendy mengapresiasi pengurus PMI Jember periode 2017-2022. Selama lima tahun terakhir, kata Hendy, PMI telah sangat membantu Pemkab Jember terutama di lingkup kemanusiaan berkaitan dengan kesehatan dan penanganan bencana.

“Saya harap kolaborasi PMI Jember dengan BPBD terus berjalan, terutama dalam hal mitigasi bencana utamanya tempat evakuasi agar ketika ada bencana, masyarakat bisa terselamatkan,” kata Hendy.

Usai seremoni pembukaan, Muskab dimulai dengan tahap penjaringan, di mana muncul dua nama yakni petahana EA Zaenal Marzuki, dan penantangnya, M Thamrin. Tetapi saat tahap pemilihan, Zaenal meminta waktu untuk berbicara.

Pengacara senior di Kabupaten Jember itu mendadak menyatakan tidak bersedia lagi mencalonkan diri sebagai ketua. Karenanya, Zaenal meminta supaya Thamrin bersedia dipilih secara aklamasi.

Zaenal menyebut langkahnya tersebut untuk menghindari perselisihan di PMI Jember. “Saya tidak ingin muncul perselisihan. Tadi saya menyampaikan pada pimpinan sidang, saya tidak maju lagi di Muskab PMI Jember. Saya minta kepada Pak Thamrin untuk bersedia diangkat, ditunjuk secara aklamasi menjadi Ketua PMI Jember,” tegasnya.

Karena hanya ada satu orang calon, maka M Thamrin terpilih sebagai Ketua PMI Jember periode 2022 – 2027 secara aklamasi. “Terima kasih pada semuanya yang telah memberi kepercayaan kepada saya, semoga bisa mengemban amanah sehingga pada periode 2022-2027 bisa berjalan baik dan benar,” ujar Thamrin.

M Thamrin merupakan pensiunan PNS Pemkab Jember. Ia pernah menjabat di beberapa OPD, seperti Asisten II Pemkab Jember, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, juga Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Jember. *****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.