Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

Setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Sejumlah agenda untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI pun dilakukan, mulai dari tema dan logo. Berikut adalah perubahan logo HUT RI dari tahun 2018 hingga 2022.

Logo HUT RI 2022

Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) pada tahun 2022 mengangkat tema “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.” Latar belakang tema ini diangkat adalah peristiwa yang secara global tengah terjadi yaitu pandemi covid-19 maupun krisis ekonomi secara global.
 
Tema ini diangkat sebagai semangat bangsa agar pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan percepatan pemulihan di semua sektor dan siap menghadapi tantangan global.
 
Logo HUT RI ke-77 mencerminkan rasa optimis bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas dan lugas yang merupakan refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika. Logo ini  tertuang dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 12 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perubahan Logo HUT RI Selama Lima Tahun Terakhir

Logo HUT RI 2021 

Tahun 2021 tema yang diangkat adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.” Tema ini diusung sebagai nilai ketangguhan dan semangat dalam menghadapi tantangan agar mencapai masa dengan yang lebih baik.
 
Makna tersebut digambarkan dalam komponen logo yang dinamis antar geometris yang sederhana, namun kokoh. Ada empat nilai utama yang terkandung dalam logo tersebut, yaitu stabilitas dan pembangunan, gerak dan pertumbuhan, ruang kebersamaan, serta persatuan dan harapan.
 
Logo dan tema HUT RI itu diunggah oleh situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, 17 Juni 2021. Melalui surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-446/M/S/TU.00.04/06/2021
 
Perubahan Logo HUT RI Selama Lima Tahun Terakhir

Logo HUT RI 2020

Tahun 2020 tema yang diangkat adalah “Indonesia Maju”  tema ini diambil sebagai bentuk representasi Pancasila yang memiliki makna mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan. Logo ini terinspirasi dari perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.
 
Kemerdekaan tahun 2020 memberikan semangat bagi masyarakat untuk berani bermimpi hingga menjadi nyata dengan upaya berkarya tanpa batas. Logo ini dilengkapi dengan logo Bangga Buatan Indonesia.
 
Logo pendukung ini sebagai upaya membangun kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk dalam negeri sehingga dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha dalam negeri.
 
Perubahan Logo HUT RI Selama Lima Tahun Terakhir
 

Logo HUT RI 2019

Tahun 2019 HUT RI mengangkat tema “Menuju Indonesia Unggul.” Logo yang bertuliskan 7 dan 4 ini mencerminkan sinergi, kolaborasi, dan semangat membangun negeri. Tema ini sebelumnya merupakan hasil revisi dari tema “SDM Unggul Indonesia Maju.”
 
Revisi tema HUT RI ke-74 RI tertuang dalam surat bernomor B-779/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2019 tentang ‘Penyampaian Penyempurnaan Tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019.
 
Perubahan Logo HUT RI Selama Lima Tahun Terakhir

Logo HUT RI 2018

Selain memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia, di tahun 2018, indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah ajang Asian Games XVIII. Pada perayaan HUT RI yang ke-73, terdiri dari dari  dua kata yang saling berhubungan, yaitu “Energi” dan “Kerja”
 
“Energi” diambil dari semangat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang memiliki identitas “The Energy of Asia.” Sedangkan “Kerja” diambil dari cerminan pemerintahan Jokowi yang telah berjalan selama empat tahun secara baik.
 
Kerja dan Energi menjadi kesatuan dari  makna logo HUT RI ke-73 yang memiliki makna suatu kemajuan dalam bekerja dan juga semangat menjadi tuan rumah yang baik bagi dunia.
 
Perubahan Logo HUT RI Selama Lima Tahun Terakhir
 
 

(WAN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.