Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 29, 2023

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, PT KAI (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya turut menyemarakkan dengan berbagai kegiatan.

Mulai dari hadirnya livery khusus pada lokomotif dan kereta, pembagian suvenir di beberapa stasiun besar hingga menghentikan sejenak kegiatan/aktivitas untuk mengheningkan cipta yang dilaksanakan oleh seluruh petugas dan pelanggan.

“Kegiatan ini merupakan implementasi semangat cinta tanah air KAI dalam menyediakan konektivitas untuk masyarakat Indonesia,” terang Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Rabu (17/8/2022).

Untuk pemasangan livery khusus, kata Luqman, KAI Daop 8 memasang pada KA Argo wilis (Surabaya Gubeng-Bandung PP), KA Bima (Surabaya Gubeng-Bandung PP), KA Sembrani (Surabaya Gubeng-Bandung PP), serta beberapa KA lainnya.

“Livery tersebut berlatar warna merah dengan gambar tangan yang memegang Bendera Merah Putih yang berkibar, Garuda Pancasila, siluet kepulauan Nusantara, logo Kemerdekaan Ke-77 RI dengan tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, serta tulisan Dirgahayu Republik Indonesia #KAIUNTUKINDONESIA berwarna putih,” imbuhnya.

Tak hanya itu saja, lebih lanjut, Peringatan HUT RI juga dilakukan secara serentak bersama dengan seluruh pelanggan yang melakukan perjalanan pada 17 Agustus 2022, pukul 10.00, serta pelanggan yang berada di stasiun-stasiun.

Pelanggan diinstruksikan untuk berdiri dan melakukan hening cipta diiringi dengan lagu Mengheningkan Cipta.

Pada saat memasuki detik-detik Proklamasi, pelanggan kemudian mendengarkan pemutaran rekaman pembacaan teks Proklamasi dan lagu Indonesia Raya.

“Meski dilakukan secara sederhana, namun peringatan HUT RI tetap berjalan dengan khidmat dan mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Luqman.

Tak hanya itu, masih kata Luqman, para petugas frontliner yang terdiri dari petugas customer service on station, ticketing officer dan announcer di stasiun di hari Kemerdekaan ini turut mengenakan pakaian bernuansa kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun sebagai hiburannya, KAI Daop 8 Surabaya membagikan beberapa suvenir menarik bagi pelanggan yang beruntung.

“Pembagian suvenir ini dilakukan di beberapa stasiun,di antaranya Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Bojonegoro dan Mojokerto. Para pelanggan diberi kesempatan untuk mendapatkan hadiah menarik dengan undian,” pungkasnya


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.