Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 1, 2022

rakyat62.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Provinsi Papua menyosialisasikan internet dan pemanfaatan website di 14 kampung yang ada di wilayah itu sebagai upaya untuk memperluas literasi digital di kalangan masyarakat.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Robby Awi di Jayapura, Selasa, mengatakan era teknologi dan informasi saat ini menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan ekonomi kampung sehingga masyarakat dituntut untuk mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dan memahami penggunaan internet dan websiteuntuk berbagai kepentingan.

Dengan demikian kesiapan Pemkot Jayapura melalui Dinas Komunikasi Informatika setempat melakukan sosialisasi penggunaan internet dan website.

Hal tersebut kata dia untuk bertujuan untuk setiap kampung di Kota Jayapura dapat mempromosikan produk lokal menggunakan internet dan website yang berada di setiap kampung.

“Begitu juga mempromosikan pariwisata di kampung yang nantinya dapat di desain sesuai dengan kebutuhan yang ada,” katanya.

Menurut Robby, dengan memanfaatkan teknologi dan website kampung masyarakat dapat dengan mudah mempromosikan produk dan destinasi wisata untuk lebih dikenal oleh seluruh masyarakat Tanah Air.

Dia menjelaskan dengan begitu kesejahteraan masyarakat kampung akan lebih meningkat melalui inovasi digital.

“Dengan inovasi digital juga diharapkan semua pelayanan informasi akan lebih muda guna mendukung kampung digital,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Bisnis Government dan Enterprise Service Telkom Regional VII Papua, Irfin Yoas Eliezer Sinom mengatakan untuk mendukung penyebarluasan digitalisasi dan mendukung pelayanan berbasis teknologi informasi kampung pihaknya telah menyediakan layanan Telkomsel Orbit.

Menurut Eliezer, Telkomsel Orbit hadir sebagai solusi internet rumah serba digital berbasis modem wifi yang menggunakan jaringan 4G LTE.

“Pemasangannya secara berjenjang sebagai pembangunan infrastruktur telekomunikasi di kampung guna mendukung visi dan misi Pemkot Jayapura sebagai smart city,” katanya.