Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 29, 2023

Merdeka.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa Suharso Monoarfa mengatakan, pengentasan kemiskinan ekstrem menjadi 0 persen di 2024 menjadi perhatian pemerintah. Artinya, upaya di 2023 menjadi langkah yang krusial.

“Tingkat kemiskinan utamanya kemiskinan ekstrem kita berharap tahun 2024 bisa nol dan alhamdulillah sekarang sudah mencapai di 2 persen dan tingkat kemiskinan akan kita tekan sampai di 7,5 (persen),” paparnya dalam konferensi pers Nota Keuangan RAPBN 2023, Selasa (16/8).

Secara umum, sasaran pembangunan pada tema RKP 2024 mencakup peningkatan progresivitas untuk ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Suharso menekankan komitmen pemerintah dalam menghadirkan kebijakan yang komprehensif, termasuk kerangka pendanaan dan evaluasi pengendalian.

“Tingkat pengangguran terbuka kita akan tekan di 5,3-6 persen, dan kemudian rasio gini akan ditekan 0,375-0,378 persen,” kata dia.

Rinciannya, pertumbuhan ekonomi ditargetkan capai 5,3-5,9 persen, lalu pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 27,02 persen, tingkat kemiskinan 7,5-8,5 persen. Selanjutnya, indeks pembangunan manusia berkisar 73,31-73,49. Indikator lainnya mencakup nilai tukar petani akan dijaga kisaran 105-107 dan nilai tukar nelayan berkisar 107-108.

Guna mencapai berbagai indikator tersebut, pemerintah telah menyusun rencana. Pertama, percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Kedua, peningkatkan kualitas sumber daya manusia, dalam hal ini adalah pendidikan dan kesehatan. Ketiga, penanggulangan pengangguran disertai dengan peningkatan pekerjaan yang layak.

Keempat, mendorong pemulihan dunia usaha. Kelima, revitalisasi industri dan penguatan riset terapan. Keenam, pembangunan rendah karbon dan transisi energi, sebagai respons terhadap perubahan iklim. Ketujuh, percepatan pembangunan infrastruktur dasar, terutama air bersih dan sanitasi.

“Dan terakhir adalah pengembangan Ibu Kota Nusantara,” tukasnya.

Reporter: Arief Rahman H.

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Jokowi Target Angka Kemiskinan Turun Jadi 7,5 Persen di 2023
Ibu Gantung Diri Disaksikan Anak, Ini Rentetan Masalah Ekonomi yang Dihadapinya
Masyarakat Terdampak Pandemi Tak Lagi Dapat BLT di 2023
Fokus Tekan Inflasi Pangan, Bos BI: Berdampak Langsung ke Kesejahteraan
Jokowi Target Angka Stunting Anak di 2024 Turun Jadi 14 Persen


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.