Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 4, 2023

rakyat62.id – Sail Tidore 2022 resmi diluncurkan hari ini bertempat di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (11/10/2022). Sail ini akan terselenggara pada 24-29 November 2022 dengan tema ‘Tidore: Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-bangsa’.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tema ini memiliki pesan di mana Tidore memiliki sejarah kejayaan rempah-rempah dalam perdagangan nusantara. Selain itu, Tidore merupakan tempat pertemuan dari berbagai bangsa.

“Tema ini mengangkat pesan kekuatan Tidore sebagai salah satu kota di Maluku Utara yang memiliki latar sejarah kejayaan rempah dan perdagangan nusantara, pertemuan berbagai bangsa serta kental dengan sejarah perjuangan Indonesia,” jelasnya dalam cuplikan video yang ditampilkan di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Luhut menjelaskan, industri pariwisata menghadapi tantangan yang besar dalam dua tahun terakhir. Kini, kata dia, Indonesia kembali mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di berbagai titik destinasi pariwisata.

“Sail Tidore menjadi kesempatan kita untuk rebranding wisata bahari di mata dunia. Kita harus optimis Sail Tidore mampu berkontribusi untuk membantu proses pemulihan industri pariwisata dalam negeri,” jelasnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjelaskan, Sail Tidore merupakan sail ke-12 yang digelar Indonesia. Acara ini merupakan kegiatan pelayaran internasional di perairan Indonesia.

Kegiatan ini sempat tertunda karena adanya pandemi COVID-19. Pria yang akrab disapa Zulhas ini mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendongkrak popularitas daerah.

“Kegiatan ini bertujuan mendongkrak popularitas daerah yang memiliki keindahan wisata,” katanya.

Peluncuran ini juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.