Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 2, 2022

SURYA.CO.ID, GRESIK – PT Pertamina Lubricants (PTPL) berkomitmen dalam melestarikan dan mendorong kebudayaan di Indonesia dalam penyelenggaraan Festival Kampung Kreasi, Satu Rumah Satu Damar Kurung, di Kampung Kreasi, Kelurahan Sidokumpul, Gresik, Senin (29/8/2022).

Manager Production Unit Gresik, Setyo Nugroho mengatakan, dukungan pembinaan, pelatihan dan pemberdayaan masyarakat Kampung Kreasi merupakan komitmen perusahaan untuk mendorong bangkitnya dan majunya perekonomian di wilayah perusahaan beroperasi.

Festival Kampung Kreasi, Satu Rumah Satu Damar Kurung diselenggarakan kelompok masyarakat di Kampung Kreasi, dengan memamerkan 15 booth Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pengerajin lokal damar kurung dari Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik.

“Untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan, kegiatan festival kampung kreasi dibuka dengan tarian pencak macan dan ditutup pengenalan sejarah Damar Kurung oleh Budayawan Gresik Kris Adji. Kemudian, Gerakan Satu Rumah Satu Damar Kurung ditandai dengan simbolis pemasangan damar kurung bersama Sekda Kabupaten Gresik, Camat, Lurah Sidokumpul dan Budayawan Gresik,” kata Setyo Nugroho.

Sementara Gerakan Satu Rumah Satu Damar Kurung merupakan kegiatan untuk melestarikan kebudayaan Gresik sejak Tahun 2019.

“Kampung Kreasi sudah melakukan gerakan masif untuk pemasangan Damar Kurung sepanjang jalan dalam kampung di Seluruh RW 007 Kelurahan Sidokumpul,” imbuhnya.

Damar Kurung dibuat pengrajin lokal di Kampung Kreasi, di antaranya masyarakat umum dan kelompok Karang Taruna Jagal Bangkit.

“Beberapa Damar Kurung, juga diproduksi dengan limbah label ex sticker kemasan lithos (botol) Pelumas Pertamina,” katanya.

Menurut Setyo Nugroho, dengan adanya gerakan Kampung Kreasi, diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Gresik yang lainnya.

Program ini selaras dengan program ESG Pertamina dan pilar ‘Go Sustainable’ dan ‘Go Collaborative’.

Dalam mendukung pencapaian SDGs tentang pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi serta kota, pemukiman yang berkelanjutan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat UMKM lokal di wilayah binaan CSR PTPL, khususnya Kampung Kreasi,” katanya.

Sekda Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman mengatakan, PTPL diharapkan terus memberikan dukungan terhadap kegiatan Kampung Kreasi.

“Harapannya, dengan hadirnya kegiatan ini, kebudayaan di Gresik dapat dilestarikan hingga ke anak cucu nantinya,” kata Washil, dengan didampingi Camat Gresik Agung Setyo Utomo.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.