Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

Keunggulan Investasi Emas – SWA.co.id
Foto: Istimewa/ilustrasi

Hadirnya pandemi Covid-19 meningkatkan kesadaran masyarakat untuk pentingnya mempersiapkan finansial di masa depan. Sejak dahulu, emas menjadi salah satu produk investasi yang digandrungi masyarakat Indonesia dengan beberapa alasan. Adapun survei yang dilakukan oleh Jakpat (2021) dan Inside ID (2018), menyebutkan bahwa emas merupakan primadona bentuk investasi yang paling diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Produk investasi emas banyak disarankan untuk dimiliki sebagai solusi terbaik dalam menghadapi risiko dan tantangan di masa depan. Melvin Mumpuni, CFP®, selaku perencana keuangan sekaligus Founder Finansialku.com menyebutkan “Emas bisa menyelamatkan kita saat dalam keadaan yang paling terburuk”. Lalu apa saja keunggulan investasi emas sebagai diversifikasi aset?

  1. Risiko Rendah dan Tahan Inflasi

Ketika stabilitas perekonomian terganggu, emas tetap menjadi harapan yang aman karena nilai di pasar tetap meningkat. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah aset safe heaven. Di mana ketika kondisi ekonomi sedang tidak baik atau terjadi penurunan nilai pasar, investasi emas yang termasuk aset safe heaven bisa membantu keuangan untuk menghindari kondisi tersebut. Adapun Robby Christy, CFP®, selaku perencana keuangan Finansialku yang menyetujui fakta tersebut, “Pertama, ketika kita berinvestasi emas, risikonya rendah. Baik apalagi bagi pemula. Tahan terhadap inflansi, makin lama makin turun, tapi kalau emas makin lama makin naik”.

  • Mudah Diperjualbelikan dan Likuiditas Tinggi

Kemampuan mempertahankan nilai jangka panjang merupakan salah satu alasan mengapa emas diminati masyarakat. Begitupun dengan mudahnya memperjualbelikan emas yang bisa dicairkan menjadi uang tunai saat sedang mengalami krisis. Begitupun yang disampaikan Robby Christy, CFP® “Emas bisa menjadi pelindung kekayaan kita. Bahkan 2 tahun saja bisa naik dua kali lipat. Kedua, sangat mudah untuk di dapat. Semua bisa melakukan investasi, apalagi sekarang ada sistem digital”.

Setiap keunggulan pasti selalu ada kekurangan. Yang menjadi risiko terbesar dari investasi dalam bentuk emas yaitu terkait keamanan, entah risiko kehilangan atau kecurian. Namun sekarang ini teknologi dan transaksi semakin canggih, investasi emas bisa dilakukan melalui sistem digital.

Sebelum melakukan investasi emas, kamu bisa memilih dengan matang terlebih mana pilihan yang terbaik. Selain emas, banyak pilihan aset safe heaven lainnya untuk menghindari risiko akibat penurunan nilai pasar. Perlu diingat! Pahami secara mendalam produk investasi yang akan dipilih untuk menghindari investasi bodong. (Thika Widi Butar Butar)

Artikel ini diproduksi oleh tim finansialku.com untuk swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.