Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 8, 2023

rakyat62.id – PT Meratus Line membuka depo kontainer terpadu pertama di Indonesia yakni di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

General Manager Meratus Line Yudy Winarsyah mengatakan, depo kontainer terpadu itu menggunakan konsep green and clean, yang diusung dengan nama Container Logistic Center (CLC).

“Ini salah satu komitmen kami, untuk terus berinvestasi di Kota Kupang,” ujar Yudy dalam acara peluncuran CLC yang berlangsung di Tenau, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Selasa (27/9/2022).

Hadir dalam peluncuran itu, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi NTT Alexander Koroh, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT Isyak Nuka, GM Pelindo Regional 3 Tenau Kupang Agus Setiawan Nazar dan Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Herry Husin.

Yudy menyebut, Meratus sebagai perusahaan integrator logistik dan maritim di Indonesia, telah lebih dari 20 tahun berkiprah di NTT, untuk memenuhi kebutuhan konektivitas barang melalui maritim secara merata hingga ke wilayah Timur Indonesia.

Dedikasi Meratus sebagai perusahaan shipping di Kupang lanjut dia, ingin terus memberikan kontribusi berupa layanan yang efisien untuk dukungan kemudahan supply chain bagi seluruh kalangan.

“Kemudahan tersebut berupa jaringan kuat yang didukung oleh kapal-kapal dengan kapasitas besar,” ujar dia.

Dia menjelaskan, inovasi CLC memberikan sentuhan baru dengan mentransformasi layanan depo kontainer menjadi depo yang ramah untuk semua pelanggan tanpa terkecuali, dengan total lahan lebih dari dua hektar.

CLC Meratus Kupang kata Yudy, menyediakan solusi menyeluruh mulai dari manajemen kontainer standar, hingga kegiatan bongkar muat, Refeer Plug, Warehouse, Repair Container, Washing Container, Reposition, Modifikasi Garment on Hanger, dan penyimpanan container dalam satu lokasi, dengan pengalaman pelanggan yang prima, dan sepenuhnya digital.

Ke depannya, CLC Meratus Kupang juga akan dilengkapi dengan auto gate system untuk mempercepat alur administrasi serta tracking yang mudah diakses dari setiap kegiatan logistik yang ada di area CLC.

Inovasi dan transformasi kata dia, tetap menjadi inti bisnis Meratus dan CLC hadir untuk melayani pasar dengan solusi terbaru.

“Ini adalah komitmen kami sebagai bentuk dukungan untuk perkembangan ekonomi di Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Yudy berharap banyak sektor yang potensial bermunculan karena telah terwujudnya integrasi logistik dari hulu ke hilir yang akhirnya dapat memangkas biaya.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi NTT Alexander Koroh, yang mewakili Gubernur NTT, menyampaikan dukungannya untuk pembukaan CLC Meratus Kupang,

“Sektor logistik ini sangat diperlukan dalam upaya peningkatan daya saing produk dan komoditas nasional maupun lokal dalam menciptakan common goods,” kata Alexander.

Dia yakin, kehadiran Container Logistic Center ini, akan membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Nusa Tenggara Timur.

Untuk diketahui, Meratus Group mengalokasikan investasi lebih dari 20 miliar dollar Amerika Serikat di bidang infrastruktur logistik untuk meluncurkan CLC Meratus di Jakarta, Kupang, Kendari, Bitung dan Makassar.