Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

rakyat62.id – Co-Sherpa G20 Edi Pambudi yang juga Deputi Bidang Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan, efisiensi menjadi kunci pertemuan ketiga Sherpa G20 dalam Presidensi G20 Indonesia 2022, khususnya dalam pembahasan draft leaders’ declaration.

“Berbicara dari perspektif ekonomi, ketika krisis terjadi dan kita melihat ada kelemahan dalam sistem yang ada, kita harus mencoba dan memperbaikinya,” kata Edi dalam keterangan resmi, Selasa.

Edi menyampaikan pertemuan Sherpa G20 ketiga sangat penting dan menjadi pertemuan kunci agar bisa menghasilkan diskusi dan pembahasan yang produktif, sehingga dukungan dan kesepakatan semua negara sangat diperlukan untuk merumuskan draft leaders’ declaration.

Edi menekankan bahwa tujuan yang akan dicapai adalah tujuan bersama, dan bukan tujuan perorangan atau negara tertentu.

“Saya ingin mengungkapkan penghargaan yang tulus kepada semua Sherpa yang hadir hari ini. Saya yakin pembahasan dan diskusi yang akan datang cukup menantang, namun kemajuan kita telah signifikan guna melangkah lebih jauh menuju KTT pada November nanti,” ucapnya.

Melalui deklarasi dari para pimpinan negara nantinya, G20 diharapkan dapat memberikan harapan kepada masyarakat dan berkontribusi nyata terhadap pemulihan ekonomi terutama bagi negara-negara berkembang.

Pertemuan Sherpa G20 diselenggarakan secara hybrid di Hotel Marriot Yogyakarta dan dihadiri oleh 107 delegasi secara fisik serta 13 secara virtual.

Turut hadir juga dalam pertemuan yakni para Chair Working Groups di bawah koordinasi Sherpa G20, untuk memberikan kontribusi dalam penyusunan awal draft Leaders’ Declaration.

Dukungan pun diberikan secara penuh oleh Pemerintah Provinsi DIY yang menyambut hangat para delegasi Sherpa G20 di Keraton Yogyakarta.