Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

Beredar sebuah foto tangkapan layar dengan narasi bahwa tim khusus (Timsus) menemukan satu boks CCTV peristiwa KM 50 saat penggeledahan rumah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo di Magelang, Jawa Tengah. Foto berisi narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun twitter @__PASMANTAP yang turut mengunggah foto berisi narasi tersebut, 17 Agustus 2022. Berikut penampakannya:
 

[Cek Fakta] Benarkah Timsus Temukan 1 Boks CCTV Peristiwa KM 50 saat Penggeledahan Rumah Ferdy Sambo di Magelang? Ini Faktanya


Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Benarkah demikian?


Penelusuran:

Dari penelusuran kami, klaim bahwa tim khusus (Timsus) menemukan satu boks CCTV peristiwa KM 50 saat penggeledahan rumah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo di Magelang, Jawa Tengah, tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 

Di sisi lain, Ferdy Sambo dikaitkan dengan kasus tewasnya sejumlah pengikut eks petinggi FPI, Habib Rizieq Shihab di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek pada 6 Desember 2020. Kala itu, Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam mengerahkan 30 anggotanya menguji kesesuaian standar operasional prosedur sejumlah anggota Polri yang terlibat hingga menewaskan enam Laskar FPI.
 

Singkat cerita, kasus yang menjadikan Sambo sebagai tersangka pembunuhan berencana disamakan dengan kasus tewasnya enam laskar FPI. Setidaknya pada kasus KM 50 itu, CCTV yang memperlihatkan detik-detik tewasnya enam laskar FPI disebut tidak berfungsi.
 

Pula CCTV di tempat kejadian perkara tewasnya Brigadir J di rumah dinas Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan. CCTV sempat dinyatakan rusak dan belakangan dapat ditemukan secara utuh oleh Timsus.
 

Sambo disebut sebagai orang yang memerintahkan untuk memindahkan atau merusak CCTV. Sambo bersama lima anggota Polri lain diduga kuat melakukan obstruction of justice dalam pengusutan kasus kematian Brigadir J.
 

[Cek Fakta] Benarkah Timsus Temukan 1 Boks CCTV Peristiwa KM 50 saat Penggeledahan Rumah Ferdy Sambo di Magelang? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:

Klaim bahwa tim khusus (Timsus) menemukan satu boks CCTV peristiwa KM 50 saat penggeledahan rumah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo di Magelang, Jawa Tengah, tidak berdasar. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi dan valid mengenai hal itu.
 

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 

Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 

Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 

[Cek Fakta] Benarkah Timsus Temukan 1 Boks CCTV Peristiwa KM 50 saat Penggeledahan Rumah Ferdy Sambo di Magelang? Ini Faktanya
 

Referensi:

https://twitter.com/__PASMANTAP/status/1559810826726281217

https://metro.tempo.co/read/1624119/kuasa-hukum-korban-km-50-sebut-penembakan-laskar-fpi-sama-dengan-kasus-ferdy-sambo

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211116154802-12-721945/jasa-marga-cctv-km-50-offline-sehari-sebelum-penembakan-6-laskar-fpi

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220820120713-12-836869/perjalanan-misterius-hilangnya-cctv-rumah-ferdy-sambo-hingga-ditemukan
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

(DHI)


Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.