Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

Beredar sebuah narasi bahwa sebanyak enam dokter di Kanada meninggal mendadak dalam dua minggu terakhir. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Di antaranya akun twitter @DrJamesOlsson yang turut mengunggah narasi tersebut, 30 Juli 2022. Berikut narasi selengkapnya yang telah dialihbahasakan:


“6 Dokter Kanada Meninggal “Tiba-tiba” Dalam 2 Minggu… Nama dan tanggal kematian: Dr. Paul Hannam, 16 Juli Dr. Lorne Segall, 17 Juli Dr. Stephen McKenzie, 18 Juli Dr. Jakub Sawicki, 19 Juli Dr. Shariar Jalali Mazlouman, 23 Juli Dr. Candace Nayman, 28 Juli -hollywoodlanews.”

[Cek Fakta] Benarkah Enam Dokter Kanada Meninggal Mendadak Berturut-turut dalam Waktu Dua Minggu Terkait Vaksin Covid-19 ke-4? Ini Faktanya
 

Dalam kolom komentar, muncul pertanyaan penyebab kematian. Di antaranya dikaitkan dengan vaksin Covid-19 dosis keempat.


Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



 

“Semua setelah booster ke-4?????,” tulis akun @MIssViqueen, 30 Juli 2022.

Benarkah demikian?

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa enam dokter di Kanada meninggal dunia mendadak dalam dua pekan terakhir karena suntikan dosis keempat, adalah salah. Faktanya, kematian sejumlah dokter itu tidak ada kaitannya dengan dosis keempat atau booster kedua.


“Trillium Health, yang mengoperasikan rumah sakit di Toronto dan Mississauga, mengatakan rumor yang beredar di media sosial bahwa kematian terkait dengan vaksin COVID-19 adalah palsu,” tulis toronto.cnews.ca dalam laporannya, 27 Juli 2022.

Kala itu, tiga dokter yang meninggal dunia. Pertama, Dr Lorne Segall yang meninggal pada 18 Juli karena kanker paru-paru.
 
Kedua, Dr. Stephen McKenzie meninggal pada 18 Juli. Ia meningal karena sakit parah yang sudah diderita dalam jangka waktu lama. Bahkan sebelum kematiannya, dokter itu sudah menutup permanen tempat praktiknya.
 
Ketiga, Dr. Jakub Sawicki. Dokter meninggal karena kanker perut yang diderita sejak Agustus tahun lalu.
 

[Cek Fakta] Benarkah Enam Dokter Kanada Meninggal Mendadak Berturut-turut dalam Waktu Dua Minggu Terkait Vaksin Covid-19 ke-4? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:

Klaim bahwa enam dokter di Kanada meninggal dunia mendadak dalam dua pekan terakhir karena suntikan dosis keempat, adalah salah. Faktanya, kematian sejumlah dokter itu tidak ada kaitannya dengan dosis keempat atau booster kedua.
 

Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Benarkah Enam Dokter Kanada Meninggal Mendadak Berturut-turut dalam Waktu Dua Minggu Terkait Vaksin Covid-19 ke-4? Ini Faktanya
 

Referensi:

https://toronto.ctvnews.ca/ontario-hospital-network-mourns-loss-of-three-doctors-who-died-within-a-week-1.6004215

https://twitter.com/DrJamesOlsson/status/1553095670206267392
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

(DHI)


Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.