Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 8, 2023

Pelembang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatra Selatan (BPBD Sumsel) mengimbau warga mewaspadai potensi banjir selama beberapa hari ke depan di Agustus 2022.
 
Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel Ansori mengatakan meski masih ditetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla), namun kewaspadaan atas potensi bencana banjir dan sebagainya juga mesti ditingkatkan.
 
Hal tersebut, kata dia, untuk merespons prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat yang memprakirakan beberapa daerah di 17 kabupaten/kota berpotensi mengalami hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saat ini konsentrasi kita masih pada penanganan siaga kebakaran hutan dan lahan. Tapi juga perlu mewaspadai terjadi anomali cuaca di bulan Agustus ini yang berpotensi menimbulkan bencana banjir dan sebagainya berdasarkan prakiraan itu,” kata Ansori di Palembang, Minggu, 21 Agustus 2022.
 

Ia menjelaskan masing-masing daerah yang berpotensi mengalami hujan intensitas lebat itu antara lain Kabupaten Ogan Komering Ulu (Peninjauan), Ogan Komering Ilir (Pedamaran, Pampangan, Pangkalan Lampam, Lempuing Jaya), Ogan Komering Ulu Timur (Cempaka, Semendawai Suku III, Madang Suku III, Semendawai Barat, Semendawai Timur), Ogan Komering Ulu Selatan (Tiga Dihaji).
 
Kabupaten Muara Enim (Tanjung Agung, Lubai), Lahat (Kota Agung, Mulak Ulu, Gumay Ulu, Tanjungtebat), Musi Rawas (Selangit, Tiang Pumpung Kepungut), Musi Banyuasin (Batang Hari Leko, Babat Toman, Keluang, Bayung Lencir, Tungkal Jaya).
 
Kabupaten Banyuasin (Banyuasin I, Banyuasin Ii, Makarti Jaya, Talang Kelapa, Tanjung Lago, Air Salek, Sumber Marga Telang), Empat Lawang (Saling), Penukal Abab Lematang Ilir (Talang Ubi, Penukal Utara, Penukal, Abab, Tanah Abang), Kabupaten Musi Rawas Utara (Rawas Ilir, Karang Jaya).
 
Kemudian, Kota Palembang (Ilir Barat II, Seberang Ulu II, Seberang Ulu II, Ilir Barat I, Ilir Timur I, Ilir Timur II, Sukarami, Sako, Kemuning, Kalidoni, Bukit Kecil, Gandus, Kertapati, Plaju, Alang-alang Lebar, Sematang Borang) Kota Lubuklinggau (Lubuk Linggau Selatan I, dan sekitarnya).
 
Pihkanya memastikan, segenap unsur petugas penanggulangan ataupun pertolongan kebencanaan sedianya telah bersiaga untuk merespons cepat setiap kejadian di pos masing-masing, seperti Banyuasin dan Lahat yang memang sudah sempat mengalami banjir cukup besar.
 
“Dari situ masyarakat pun supaya lebih berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah atau bila memang tidak mendesak akan lebih tidak beraktivitas di luar rumah, termasuk mengamankan dokumen penting dan benda berharga lainnya,” ujar Ansori.
 

(WHS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.