Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 30, 2023

rakyat62.id – Kawasan Lebak Bulus kini telah disulap menjadi kawasan transit oriented development (TOD). Salah satu yang dikembangkan saat ini adalah pembangunan jembatan sky walk yang menghubungkan Stasiun MRT Lebak Bulus dengan Mal Poins Square.

Mal Poins Square sendiri sempat mendapatkan cap mal yang sepi. Apalagi setelah pandemi COVID-19 menerjang mal tersebut bagaikan mati suri. Lalu, apakah dengan pembangunan jembatan sky walk yang menempel di MRT Jakarta dapat membuat kawasan itu ramai lagi?

Direktur Utama MRT Jakarta Mohamad Aprindy optimis hal itu bisa terjadi. Menurutnya, jembatan sky walk ini bisa menjadi solusi menguntungkan bagi MRT dan juga Poins Square. Di satu sisi Poins Square bisa mendapatkan pelanggan dari penumpang MRT, di sisi lain MRT bisa menarik penumpang dari pengunjung Poins Square.

Apalagi, dengan jembatan sky walk yang dibangun dapat mempermudah dan memberikan kenyamanan masyarakat untuk bolak-balik dari Poins Square maupun Stasiun MRT Lebak Bulus.

“Jadi dari sisi private-nya dengan adanya transportasi terhubung dia bisa dapatkan customer. Nah begitu juga kami, kami bisa menjerat ridership,” ungkap Aprindy ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (11/10/2022).

Pengembangan TOD serupa pernah dilakukan di Blok M, Stasiun MRT Blok M ‘disambungkan’ dengan Plaza Blok M. Menurut Aprindy, pengembangan itu sukses membuat Blok M jadi makin menggeliat.

“Kalau lihat Blok M, itu kawasan hampir mati jadi hidup lagi kan sekarang, ekosistem mereka jadi ikut berubah,” sebut Aprindy.

Maka wajar menurut Aprindy dengan pengalaman yang terjadi di Blok M, jembatan sky walk ini akan membuat Mal Poins Square dan kawasan Lebak Bulus bisa menggeliat ekonominya.

“Saya yakin lihat satu dua tahun ke depan kawasan ini, mal ini bakal hidup lagi dengan adanya koneksi ke MRT,” pungkas Aprindy.

Sebelumnya, PT Intiland Development sendiri pernah mengatakan Poins Square masih memiliki potensi untuk menjadi pusat perbelanjaan yang banyak diminati pengunjung. Kondisi akan kembali normal jika pembenahan dan pembangunan sky walk selesai.

Perusahaan yakin Poins Square yang berlokasi di Lebak Bulus, Jakarta Selatan itu masih memiliki potensi dengan lokasinya yang strategis. Bahkan menjadi tempat transit hub kendaraan umum termasuk MRT.

“Kami mengerti bahwa pandemi membuat banyak tenant dan calon tenant harus menahan ekspansi bahkan berjuang untuk bisa survive. Poins dengan lokasinya yang strategis dan interkoneksinya dengan MRT tetap memiliki potensi yang sangat baik,” kata kata Corsec Intiland, Theresia Rustandi kepada detikcom, 3 Januari 2021 yang lalu.