Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Februari 3, 2023

Denpasar: Satgas penyakit mulut dan kuku (PMK) Polresta Denpasar bersama Dinas Pertanian Kota Denpasar Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan telah melaksanakan vaksinasi terhadap 405 ekor sapi di wilayah Kota Denpasar, Bali.
 
Kepala Seksi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi menyebutkan jumlah tersebut merupakan data gabungan dari pelaksanaan vaksinasi sapi di wilayah Polsek Denpasar Selatan sebanyak 332 ekor dan vaksinasi di wilayah Polsek Denpasar Utara berjumlah 73 ekor.
 
“Vaksinasi PMK di Polsek Denpasar Selatan dilakukan oleh tenaga kesehatan Dinas Pertanian Kota Denpasar Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan yang dipimpin Dokter Hewan Man Hetik, bersama sepuluh orang petugas dari Dinas Pertanian Kota Denpasar,” kata Sukadi, Sabtu, 16 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satgas PMK Polresta Denpasar melalui jajaran anggota Polsek Denpasar Selatan bersama tenaga kesehatan Dinas Pertanian Kota Denpasar Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan terus melakukan pencegahan dan pengendalian PMK dengan melakukan vaksinasi ternak di Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan, Denpasar, Bali.
 
Baca: Vaksinasi PMK di Kota Malang Mencapai 100%
 
Berdasarkan informasi dari Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi, kegiatan vaksinasi yang dilakukan Jumat, 15 Juli 2022, menggunakan sistem kunjungan langsung ke kandang milik warga di Desa Sanur Kaja. Dari 83 ekor populasi sapi yang ada, 67 ekor sapi telah divaksin oleh anggota Satgas PMK Polresta Denpasar dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Denpasar.
 
Sebelumnya, pada Selasa, 12 Juli 2022, Satgas PMK Polresta Denpasar melakukan vaksinasi di wilayah Kelurahan Panjer terhadap 78 ekor sapi. Setelahnya, pada Rabu,13 Juli 2022, untuk wilayah Desa Pemogan, sapi yang berhasil divaksin sebanyak 113 ekor dan di wilayah Kelurahan Renon, serta Desa Sidakarya sebanyak 74 ekor sapi.
 
“Sapi yang berhasil divaksin selanjutnya diberi penanda dengan menggunakan pita merah dan setiap pemilik Sapi yang divaksin didata dengan menyertakan NIK (Nomor Induk Kependudukan),” ujarnya.
 
Selain melakukan vaksinasi, Satgas PMK juga melakukan penyemprotan disinfektan terhadap Sapi maupun kandang sapi milik warga untuk mencegah penyebaran PMK.
 
Kapolsek Denpasar Selatan Kompol Made Teja Dwi Permana mengatakan kegiatan vaksinasi tersebut merupakan bagian dari upaya menindaklanjuti arahan Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas kepada personil Polsek Densel untuk terus turun kelapangan guna mengawasi dan mengantisipasi penyebaran penyakit PMK.
 
“Diharapkan dengan vaksinasi terhadap ternak sapi ini dapat meminimalisasi penyebab penyakit dan mencegah penyebarluasan penyakit PMK di wilayah Denpasar Selatan” kata Densel.
 

(NUR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.