Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 29, 2023

Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia bertugas sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).(ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

jpnn.com, JAKARTA – Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia terpilih menjadi Komandan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Rabu (17/8).  

Dia menceritakan bahwa menjadi komandan upacara HUT RI merupakan tantangan, beban, dan tanggung jawab berat yang harus dijalankan. Meski demikian, dia menegaskan, amanah yang diberikan ini harus dijalankan. 

“Yang saya rasakan, pertama kali mendapatkan perintah untuk memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi adalah ini adalah tantangan, ini adalah beban, dan ini adalah tanggung jawab yang berat bagi saya, tetapi amanah ini dan kepercayaan ini harus saya jalankan, harus saya siapkan sebaik-baiknya,” kata Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia saat Upacara Penurunan Bendera seperti dipantau melalui akun Sekretariat Presiden di YouTube, Rabu (17/8), di Jakarta. 

Andike saat ini menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendidikan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL. Andike bersama tiga calon komandan upacara lain dan Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (15/8). 

Ketiga calon komandan upacara itu ialah Kombes Pol. Hari Purnomo (Kasubditkomsatpam/Polsus Ditbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri), Kolonel Pnb. Agni Prayogo (Danwing 4 Lanud ATS), dan Kolonel Inf. Donny Pramono (Dangrup-3/Sandhi Yudha Kopassus).

Ketika terpilih, Andike mengaku telah menjalani persiapan secara matang, baik fisik maupun mental, serta doa yang kuat. “Kami harus. Momen ini tidak akan terulang untuk yang kedua kalinya,” kata pria asal Padang, Sumatera Barat, itu. 

“Saya akan membuat cerita indah bagi hidup saya dan juga mendukung kelancaran dari kegiatan Upacara Negara kita dalam rangka Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77 ini,” tambahnya Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia.

Sementara itu, acara kesenian di Istana Merdeka masih berlangsung menjelang Upacara Penurunan Bendera Pusaka pukul 17.00 WIB.

Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia menceritakan kisahnya dipercaya menjadi Komandan Upacara HUT RI di Istana Merdeka. Momen yang tidak akan terulang dua kalinya.


Artikel ini bersumber dari www.jpnn.com.