Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

November 30, 2022

29 Agustus 2022 16:42 WIB

Menurut Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, program Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan memberikan informasi tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan

Program Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan diharap dapat memberikan informasi tentang pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan (siaran pers pertamina)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal BBM Cikampek Regional Jawa Bagian Barat bekerjasama dengan Yayasan Generasi Emas Karawang menyelenggarakan kegiatan Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan (Go-Darling) dengan kegiatan “Penghijauan dan Pembersihan Daerah Aliran Sungai Citarum” di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Karawang.

Acara yang dihadiri oleh Pemerintahan Desa Pasirtanjung, Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), Babinsa, serta masyarakat sekitar diawali dengan penyampaian materi edukasi sadar lingkungan yang dilanjutkan dengan agenda Penghijauan dan Pembersihan di area DAS Sungai Citarum Wilayah Desa Pasir Tanjung.

1 Juli Belum Daftar MyPertamina, Begini Nasib Rakyat yang Hendak Beli Pertalite-Solar

Dengan semangat kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang mengusung tema “Pulih Bersama, Bangkit Lebih Cepat” diharapkan kegiatan Go-Darling ini dapat menciptakan gerakan kolektif masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungannya. Go-Darling yang telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya bahkan khusus untuk kegiatan pembersihan sungai dilakukan rutin hampir setiap pekan menjadi bentuk adanya peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya, bahkan khusus limbah eceng gondok yang dibersihkan dari sungai diolah menjadi salah satu bahan baku pembuatan kompos dan kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

“Air irigasi yang bersumber dari Sungai Citarum berperan penting sebagai sumber pengairan areal pertanian, namun seringkali terhambat karena alirannya dipenuhi oleh sampah terutama eceng gondok yang berdampak terhadap tidak maksimalnya kebutuhan air bagi tanaman di areal pertanian”, ungkap Masum selaku Ketua Gapoktan Desa Pasirtanjung, dalam siaran pers yang diterima oleh redaksi Jitunews pada Senin (29/8).

Ratim selaku Sekretaris Desa Pasirtanjung menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus mengapresiasi gerakan masyarakat sadar lingkungan kepada PT Pertamina Fuel Terminal Cikampek dan Yayasan Generasi Emas Karawang serta berbagai instansi yang terlibat. Harapannya kegiatan ini dapat konsisten dilakukan dan menjadi langkah dalam melestarikan lingkungan secara berkelanjutan.

Endang selaku Pembina Program Kampung Iklim Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang menyampaikan sangat mendukung keberlanjutan program dan akan terus memberikan pembinaan kepada masyarakat.

Secara terpisah Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menyampaikan apresiasi atas gagasan tersebut. Menurut Eko, program ini akan memberikan informasi tentang pentingnya masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungannya.

“Upaya membangun masa depan dapat dimulai dari kegiatan penghijauan dan langkah mitigasi dengan penanaman pohon guna mengurangi emisi karbon, sehingga memberikan manfaat bagi kesejahteraan bagi masyarakat,” tambah Eko.

Wagub Jabar Dorong Masyarakat Peduli Lingkungan


Artikel ini bersumber dari www.jitunews.com.