Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 29, 2023

rakyat62.id – Dalam rangkaian kegiatan ISEF, digelar IN2MOTIONFEST yang menampilkan modest fashion festival karya para desainer ternama Indonesia menjadi bagian acara perhelatan tersebut.

Ditemui disela-sela penyelenggaran IN2MOTIONFEST 2022, Amy Atmanto, desainer kenamaan Indonesia yang juga pembina industri kreatif ini mengatakan bahwa banyak perempuan Indonesia yang menghadapi masalah dalam memilih busana modest, seperti tidak nyaman, terlalu menampilkan lekuk tubuh, kurang menampilkan budaya nasional, ataupun tidak bisa dikenakan diberbagai kesempatan.

“Pada kesempatan ini saya menghadirkan modest wear yang nyaman, wearable dan elegant dengan terus berinovasi menggunakan aneka kain nusantara yang berakar dari kearifan lokal,” kata Amy.

“Saya juga berterima kasih dan berbangga hati atas peran serta Ibu Siti Marifah Ma’ruf Amin dan Ibu Sri Bahlil Lahadalia yang sangat peduli pada pengembangan modest wear Indonesia dan catwalk mengenakan busana Amy Atmanto yang menggunakan padanan kain Batik Blora,” ujarnya.

Putri sulung dari Wapres Ma’ruf Amin, Siti Ma’rifah Ma’ruf Amin dan istri Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Sri Bahlil Lahadalia catwalk membawakan koleksi modest wear Desainer kenamaan Indonesia Amy Atmanto Rabu 6 Oktober 2022 di Plennary Hall Jakarta Convention Center, di runway Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) atau IN2MOTIONFEST 2022 .

Penampilan putri sulung Ma’ruf Amin, terlihat anggun dan bersahaja dalam balutan kebaya muslim merah maroon dengan selendang berenda dan padanan batik khas Blora. Begitu pula dengan Sri Bahlil Lahadalia yang kerap tampil mengenakan kain lokal begitu elegant dalam balutan kebaya simpel dengan selendang dan kain batik Blora.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan IN2MOTION 2022 yang menampilkan kreasi anak bangsa dalam bidang modest fashion. Hal ini merupakan upaya konkrit peningkatan ekonomi nasional. Industri fesyen syariah memilik potensi besar yang masih dapat terus digali melalui kreasi-kreasi modest fashion yang bernuansa nasional seperti batik yang ditampikan oleh disainer kebanggaan kita ini,” ujar Siti Marifah Ma’ruf Amin, putri Wakil Presiden.

“Indonesia berada pada 10 peringkat teratas sektor modest fashion dunia, selain serapan pasar dalam negeri yang begitu besar. IN2MOTIONFEST merupakan upaya bersama untuk mendorong sektor industri halal Indonesia khususnya di sektor modest fashion yang dapat memberikan kontribusi nyata untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional karena IN2MOTIONFEST mengedepankan penggunaan kain lokal,” jelas Amy.

Acara IN2MOTIONFEST sebagai rangkaian kegiatan ISEF 2022 dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Wardjiyo dan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki. Istri Menteri Badan Pertahanan Negara Nani Hadi Tjahjanto terlihat hadir dan memberikan dukungannya.

“Kami berterimakasih kepada Ibu Ita Rulina, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia bersama timnya yang menginisiasi dan menyelenggarakan perhelatan ini. Semoga dapat menginspirasi pemangku kepentingan lain di bidang modest fashion untuk melakukan program yang mendorong tumbuh dan berkembangnya industri modest fashion di Indonesia”, pungkas Amy.

Di kesempatan lain, saat pembukaan presidensi G20 Indonesia, Presiden menyatakan bahwa amanah sebagai Presidensi G20 merupakan kesempatan Indonesia untuk berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi dunia.

Data Bank Indonesia menunjukkan transaksi produk halal yang diperdagangkan melalui platform e-commerce pada Januari hingga

Oktober 2021 didominasi produk fesyen muslim yang memiliki pangsa pasar mencapai 91,93 persen dari total nominal produk halal senilai Rp12,18 triliun.