Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Oktober 1, 2022

Ada banyak penyebab mobil diesel tidak mau hidup yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan. Sejatinya, mesin mobil diesel memiliki perbedaan mendasar dengan jenis mobil mesin bensin termasuk juga masalah yang sering timbul di dalamnya.

Seringkali, masalah yang sering timbul pada mobil diesel adalah tidak mau hidup bahkan ketika distarter sekalipun.

Hal ini seringkali terjadi saat mobil tidak pernah atau jarang melakukan perawatan kendaraan secara berkala sehingga ada beberapa komponennya yang sudah mengalami gangguan.

Jika terjadi masalah saat hendak menyalakan mobil dan distarter berulang-ulang masih juga gagal, ada beberapa penyebab mengapa mesin diesel susah hidup ini yang dapat disimak penjelasanya para artikel ini!

Ini penyebab mobil diesel tidak mau hidup

Mobil diesel memiliki karakteristik utama akan torsinya yang besar sehingga lebih bertenaga sekaligus hemat bahan bakar. Akan tetapi, antara mobil diesel dengan jenis mobil lainnya tentu memiliki ciri khas yang juga berbeda sehingga masalah yang akan dihadapi pun juga tidak sama.

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada mobil diesel adalah mesin yang tidak mau hidup. Hal ini biasanya disebabkan karena mesin diesel memiliki tingkat efisiensi termal yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis mobil lain.

Jika kamu mengalami masalah serupa, berikut adalah beberapa penyebab mobil diesel tidak mau hidup yang perlu diketahui agar dapat segera menemukan solusi tepat untuk mengatasinya, diantaranya adalah:

1. Mesin masuk angin (udara yang terperangkap)

Mesin diesel susah hidup terutama ketika di pagi hari, seringkali disebabkan oleh adanya udara yang terperangkap di dalam saluran bahan bakar (masuk angin). Terlebih, akan cukup berbahaya jika mesin bisa hidup namun masih terdapat udara di dalam ruang pembakaran.

Hal ini tentu akan menyebabkan performa mobil menurun dengan tarikan yang semakin berat, bahan bakar boros serta mesin tidak dapat hidup sama sekali atau mogok saat digunakan.

2. Rusaknya priming pump, salah satu penyebab mobil diesel tidak mau hidup

Priming pump merupakan komponen yang masih banyak digunakan pada sistem mobil diesel konvensional maupun common rail. Komponen mesin ini berfungsi untuk mendorong kinerja supply pump dalam menghisap bahan bakar dari tangki.

Jadi, jika terjadi kerusakan pada komponen ini tentu akan menyebabkan berbagai masalah terutama mesin diesel yang sulit sekali untuk dihidupkan.

3. Busi pijar yang sudah tidak optimal

Busi pijar yang sudah tidak dapat bekerja dengan optimal karena usia pemakaian yang terlalu lama dapat menjadi penyebab mobil diesel tidak mau hidup. Sebab, komponen ini akan semakin sulit untuk menginjeksikan kembali BBM agar dapat mencapai titik bakar yang optimal.

Selain karena usia pemakaian, masalah pada busi pijar dapat juga terjadi pada timing yang error sehingga harus dipastikan secara seksama.

4. Adanya penurunan pada tekanan kompresi

Dalam sistem mesin mobil diesel, pembakaran terjadi secara sendirinya atau Self Combustion Burning tanpa perlu memunculkan percikan api. 

Dimana solar memiliki titik nyala yang kecil dan tekanan kompresi akan mendukung temperatur yang lebih tinggi dari titik nyala bahan bakar sehingga dapat terjadi pembakaran oleh panasnya suhu dalam ruang tersebut.

Jadi, apabila tekanan kompresi mengalami penurunan tentu suhu saat pemadatan akan jadi ikut menurun sehingga mesin menjadi semakin sulit untuk dihidupkan.

5. Turbocharger bermasalah

Penyebab lainnya yang memberikan efek mesin diesel susah hidup yaitu adalah adanya masalah pada Turbocharger. Penting untuk diketahui bahwa mesin diesel banyak yang sudah menggunakan teknologi turbo seperti VCDI, VGT, dan VNT.

Kegunaan utama dari turbocharger ini adalah untuk mengontrol supply udara di dalam mesin agar tidak mengalami overboost ataupun underboost.

Jadi, ketika komponen ini mengalami masalah tenti akan berakibat pada kinerja mesin yang terganggu seperti supply udara yang kurang karena pengatur boost pressure turbo sulit terbuka.

Cara menghindari penyebab mobil diesel tidak mau hidup

Setelah mengetahui berbagai penyebab mobil diesel tidak mau hidup sehingga dapat diberikan perhatian lebih dulu sebelum mengatasi masalahnya. Tentu penting untuk mengetahui juga cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah mesin diesel susah hidup diantaranya adalah:

1. Jumper aki

Jika penyebab mobil diesel tidak mau hidup adalah karena masalah kelistrikan, maka kamu dapat melakukan jumper aki untuk dapat memastikan apakah mobil dapat kembali distarter dengan cara tersebut. 

Bila ternyata bisa dipancing dengan jumper maka aki mobil mengalami masalah sehingga harus segera diganti agar mesin dapat bekerja kembali dengan optimal.

2. Ganti filter bahan bakar berkala

Seringkali, filter bahan bakar mengalami sumbatan kotoran yang terlalu banyak sehingga dapat menghambat kinerja dari aliran bahan bakar untuk terdistribusi ke seluruh komponen yang membutuhkan.

Jika terjadi masalah pada bagian filter bahan bakar, maka melakukan pembersihan ataupun penggantian komponen iin secara berkala menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

3. Melakukan bleeding

Jika terdapat indikasi udara yang terperangkap di dalam ruang bakar, maka penting untuk melakukan bleeding di bengkel. Pada proses bleeding ini, udara akan dibuang dari dalam saluran bakar secara manual dengan cara dipompa.

Saat dipompa, udara akan menuju bagian injector sehingga saat mesin dihidupkan maka udara tersebut akan langsung keluar karena bagian injectornya yang sudah terbuka. 

4. Rutin melakukan perawatan mobil secara keseluruhan 

Melihat banyaknya kemungkinan yang dapat menjadi penyebab  mobil diesel tidak mau hidup, tentu menyebabkan perawatan kendaraan secara berkala menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. 

Kegiatan ini dapat mencegah terjadinya resiko yang tidak diinginkan selama berkendara sekaligus dapat memperpanjang usia pemakaian mobil karena komponen didalamnya selalu dalam keadaan prima.

Tips dari Lifepal! Penyebab mobil diesel tidak mau hidup ini cukup beragam sehingga penting untuk kamu cari tahu terlebih dahulu inti masalahnya agar dapat segera memberikan solusi perawatan terbaik kala hal tersebut terjadi padamu.

Beberapa penyebab mesin tidak mau hidup ini mulai dari adanya kemungkinan masuk angin, adanya kerusakan pada busi pijar, priming pump dan turbocharger hingga terjadi [penurunan pada tekanan kompresi.

Simak ulasan mengenai cara merawat mobil diesel, kenapa mobil diesel tidak boleh langsung dimatikan, dan juga cara mengatasi mobil diesel masuk angin di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Menghitung premi asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Cek uang pertanggungan asuransi kamu

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar penyebab mobil diesel tidak mau hidup

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.