Rakyat62.id

Media Rakyat Kreatif dan Inovatif!

Januari 29, 2023

VIVA Lifestyle – Selama kehamilan bayi yang berada di dalam kandungan sangat bergantung dengan ibu mengenai asupan gizi dan nutrisi yang ia butuhkan. Itulah mengapa ibu dianjurkan memilih makanan terbaik untuk bayi selama masa kehamilan.

Untuk kamu seorang wanita yang saat ini tengah mengandung, sangat dianjurkan untuk memakan makanan seimbang yang mencangkup banyak buah dan sayur. Hal ini dikarenakan dalam buah dan sayur terdapat apa yang bayi kamu butuhkan untuk pertumbuhannya.

Dalam artikel kali ini, mari kita bicara tentang asupan terbaik untuk memenuhi segala kebutuhan bayi dalam kandungan.

Manfaat makan buah saat hamil

Melansir laman healthline, ketika kamu sedang hamil kamu sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan bergizi dan menghindari makanan yang mengandung kalori kosong. Yang dimaksud kalori kosong disini adalah, makanan yang mengandung tingi kalori, tetapi sangat sedikit mengandung zat gizi.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 mengatakan, buah-buahan dan sayuran sangat dipenuhi dengan nutrisi. Ketika kamu menambahkan berbagai jenis makanan tersebut ke dalam makananmu, kemungkinan besar kamu dan bayi akan mendapatkan sebagian besar vitamin, mineral, dan serat yang kalian butuhkan.

Dengan mengkonsumsi buah, kamu juga dapat terhindar dari sembelit yang umum dialami wanita hamil.

7 Buah Bergizi yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

7 Buah bergizi yang baik dikonsumsi ibu hamil

Umumnya, wanita hamil selalu menginginkan makan yang manis-manis. Tapi cobalah untuk tidak mengunyah permen atau memakan kue untuk memuaskan keinginanmu. Sebetulnya buah adalah solusi yang tepat untuk itu.

Buah-buahan juga menawarkan rasa manis yang kamu idamkan dan nutrisi yang sangat kamu butuhkan. Cobalah konsumsi buah-buahan yang terdapat pada daftar artikel ini sebagai bagian dari diet kehamilan yang sehat dalam salad, smoothie, yogurt, atau sebagai camilan kapan saja.

1. Alpukat

Menurut penelitian, alpukat memiliki lebih banyak folat dibandingkan dengan buah lainnya. Buah ini juga kaya akan kandungan yang baik untuk bayi di kandunganmu, diantaranya:

Vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium dan kalium.

Beberapa wanita juga mengaku alpukat dapat meredakan mual yang mereka alami, hal ini dikarenakan kandungan potasium dan magnesium dalam buah ini.

Selain itu, Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki, gejala kehamilan yang umum. Kram kaki sering disebabkan oleh rendahnya kalium dan magnesium.

Kolin penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi Anda. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

2. Mangga

Buah mangga.

Umumnya setiap orang telah mengetahui jika buah ini mengandung sumber vitamin C yang hebat. Pada satu cangkir jus mangga buah ini telah memberikan 100 persen kebutuhan harian akan vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, manga juga kaya akan vitamin A. Kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti diare dan infeksi pernapasan.

Menurut penelitian yang diterbitkan tahun 2019. Mangga adalah tambahan yang bagus untuk diet kehamilan, tetapi makanlah buah ini dalam jumlah sedang bersama dengan berbagai buah lainnya.

3. Jeruk

Buah ini dapat mengandung folat, atau asam folat yang sangat penting dalam membantu cacat otak dan sumsum tulang belakang, selain itu jeruk juga dapat membantumu tetap terhidrasi.

American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per hari sebelum kamu merencanakan untuk memiliki bayi, kemudian setidaknya 600 mikrogram per hari saat hamil.

Jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang bagus. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel.

4. Lemon

Ilustrasi buah lemon.

Beberapa studi melaporkan, lemon dan aroma lemon dapat membantu ibu hamil untuk meredakan rasa mual yang kerap mereka alami. Selain itu lemon juga diketahui mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat merangsang sistem pencernaan untuk meredakan sembelit.

 Untuk mengkonsumsinya, kamu dapat menambahkan sedikit air atau mencampurkannya ke dalam teh agar asam yang tinggi tidak terlalu mengganggu.

5. Pisang

Pisang adalah sumber potasium yang bagus bagi ibu hamil. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C dan serta.

Menurut penelitian medis, kandungan serat yang banyak terdapat pada pisang dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

6. Buah Beri

Buah-buahan untuk pasien diabetes

Buah-buahan untuk pasien diabetes

Buah beri seperti blueberry, raspberry, strawberry, blackberry, dan goji berry terkenal kaya akan segala macam kebaikan, seperti:

Karbohidrat, vitamin C, serat dan folat. Selain itu, mereka juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan anthocyanin.

Sangat penting untuk makan sebagian besar karbohidrat kompleks padat nutrisi seperti buah beri daripada karbohidrat sederhana yang diproses seperti donat, kue, dan kue kering.

7. Apel

Buah ini memiliki kandungan serat yang banyak serta salah satu sumber vitamin C yang baik. Selain itu, apel juga mengandung vitamin A, potasium, dan pektin. Pektin adalah prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus kamu.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari nutrisi pada buah apel, makanlah kulitnya. Pastikan kamu telah membilasnya dengan banyak air terlebih dahulu.

Berapa banyak buah yang harus ibu hamil makan selama masa kehamilan?

Ilustrasi konsumsi buah-buahan.

Ilustrasi konsumsi buah-buahan.

Medis biasanya akan merekomendasikan makan dua hingga empat porsi buah setiap hari.

Secara umum, satu porsi buah adalah:

sepotong buah utuh sedang (seukuran bola tenis)

1 cangkir buah potong

Perlu kamu ketahui, buah kering juga bisa digunakan untuk mendapatkan nutrisi dalam bentuk on-the-go. Ketahuilah bahwa buah kering bisa lebih padat kalori dan gula daripada buah segar.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.